Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

RSUD Bondowoso Punya Laboratorium PCR Covid-19

Selasa, 14 Juli 2020 - 11:36 | 30.56k
Pemotongan pita oleh Bupati Bondowoso KH Salwa, dalam peresmian Laboratorium Biologi Molekuler untuk PCR Covid-19 di RSUD dr Koesnadi. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Pemotongan pita oleh Bupati Bondowoso KH Salwa, dalam peresmian Laboratorium Biologi Molekuler untuk PCR Covid-19 di RSUD dr Koesnadi. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dalam rangka percepatan penanganan Covid-19, Pemkab Bondowoso, resmi memiliki Laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction) Covid-19, di RSUD dr Koesnadi.

Laboratorium Biologi Molekuler tersebut, diresmikan oleh Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin didampingi Wabup Irwan, Selasa (14/7/2020).

Dengan diresmikannya laboratorium tersebut, Swab PCR Covid-19 untuk warga Bondowoso tak perlu lagi dikirim ke kabupaten/kota lain. Dimana sejauh ini, masih dikirim ke Surabaya dan Jember.

Plt Direktur RSUD dr Koesnadi Bondowoso, dr Yus Priyatna mengatakan, laboratorium PCR bisa untuk banyak macam tergantung reagennya. 

"Untuk sementara kita dapat hibah reagen Covid. Kita pakai untuk penanganan Covid-19," katanya.

Sementara untuk alat, merupakan pinjaman dari BNPB Pusat. Yakni berupa alat PCR dan ekstraksi. "Hanya untuk Covid-19. Akadnya hanya untuk itu," imbuhnya.

Dijelaskannya juga, bahwa ada dua ruangan utama dalam laboratorium tersebut. Yakni ruangan ekstraksi untuk pengambilan sampel. Jadi harus bisa mngatasi infeksi tekanan negatif. "Sementara satunya, untuk pembacaan tekanan positif," paparnya.

Sementara untuk penanganan Covid-19, teknologi yang digunakan sudah Biosafety Level (BSL)-2. dr Yus memastikan, SDM sangat memadai. Ada dokter spesialis patologi kilinik, dan analis kesehatan. "Jadi SDM kami cukup tinggal keterampilan saja," akunya.

Dengan adanya laboratorium PCR ini, Swab PCR Covid-19 tidak lagi dikirim ke luar daerah. Tapi saat ini sudah bisa dilakukan di RSUD Bondowoso. Hasilnya juga dipastikan lebih cepat. Yakni sehari dua hari selesai.

Sementara itu, Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin berharap, dengan diresmikannya Laboratorium Biologi Molekuler ini bisa mempercepat stracing penyebaran Covid-19.

"Serta meningkatkan kinerja, dan dengan cepat mendiagnosa penyakit. Khususnya Covid-19. Upaya secara medis harus dimaksimalkan, dengan peralatan dan sebagainya," jelas bupati.

Pihaknya berharap, masyarakat tetap punya kesadaran, untuk mematuhi protokol Kesehatan Covid-19. 

Peresmian Laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction) Covid-19, di RSUD dr Koesnadi Bondowoso. Ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Salwa Arifin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES