Peristiwa Daerah

Membangun Sinergi Antar Relawan Mitra SRPB di Masa Pandemi Covid-19 

Selasa, 14 Juli 2020 - 10:28 | 35.73k
Kunjungan SRPB Jatim di Kabupaten Tulungagung. (Dok. SRPB)
Kunjungan SRPB Jatim di Kabupaten Tulungagung. (Dok. SRPB)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Wakil Ketua Sekretariat bersama relawan penanggulangan bencana (SRPB) Jawa timur, Wawan Subakti, bersama pengurus melakukan kunjungan ke lembaga mitra SRPB Jatim di Kota Tulungagung, akhir pekan lalu.

Kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan tali silaturahmi antar sesama relawan penanggulangan bencana.

SRPB-Jatim-2.jpg

Wawan menyampaikan, kunjungan pengurus SRPB Jatim adalah untuk mendapatkan informasi dan melihat secara langsung program yang dijalankan oleh organisasi mitra selama masa pandemi Covid-19. Sehingga dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi organisasi mitra di daerah lain.

“Pengurus SRPB ingin mengetahui kegiatan kawan-kawan di daerah dalam keikut sertaannya menangani upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Hal ini penting untuk saing belajar dan menguatkan sekaligus mengingatkan agar tetap sehat dan tidak terpapar Covid-19," katanya saat dihubungi, Selasa (14/7/2020). 

Selain itu, apa yang dilakukan relawan hendaknya tetap sepengetahuan dan berkoordinasi dengan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) setempat. Ini penting agar terjadi sinergi dalam melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Seperti penyuluhan untuk penyadaran protokol kesehatan, dan upaya pencegahan pandemi secara mandiri sehingga masyarakat paham melaksanakan anjuran pemerintah.

Secara terpisah, aktivis relawan Kota Tulungagung, Santo Susanto, mengatakan bahwa kegiatan komunitas relawan di Kota Tulungagung selama masa pandemi cukup banyak dan melibatkan berbagai komitas. Seperti pembagian masker, pemberian bantuan sembako dan melakukan edukasi ke masyarakat di wilayah Kabupaten Tulungagung.

SRPB-Jatim-3.jpg

“Alhamdulillah keberadaan relawan disini mendapat perhatian dari pemda dan sering dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi perangkat daerah setempat. Termasuk beberapa kali ikut melakukan pencarian dan penyelamatan korban tenggelam di sungai Brantas," ujarnya. 

Kegiatan kunjungan dengan tema “Anjangsana Sambang Mitra” yang dilakukan oleh pengurus SRPB Jawa timur secara berkala ini, di samping mempererat tali silaturahmi, juga sebagai upaya menyamakan langkah dalam rangka menyusun program untuk kemaslahatan bersama, kaitannya dengan peningkatan kapasitas relawan penanggulangan bencana di Jawa timur.

Kegiatan ini diawali dengan anjangsana ke Kabupaten Pamekasan, kemudian Kota Malang. Direncakan, setelah anjangsana ke Kabupaten Tulungagung akan dilanjutkan ke Kabupaten Jember.  

“Kami berharap kawan-kawan SRPB bisa membangun sinergi dengan berbagai komunitas dan pihak-pihak yang turut dalam penanganan Covid-19, seperti BPBD, Dinsos, Dinkes, dan pihak keamanan agar terjadi kesepahaman bersama dalam berkegiatan membantu pemerintah menangani pandemi,” kata Wawan, yang juga aktif dalam kegiatan di alam bebas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES