Peristiwa Daerah

Warga Usia Rentan dan Anak-Anak di Pagaralam Diimbau Salat Idul Adha di Rumah

Senin, 13 Juli 2020 - 22:36 | 19.20k
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Pagaralam Samsul Bahri (Foto: Asnadi/ TIMES Indonesia)
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Pagaralam Samsul Bahri (Foto: Asnadi/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGAR ALAM – Berada di zona kuning seiring peningkatan kasus corona di Kota Pagaralam sehingga muncul anjuran bagi anak-anak dan warga usia rentan dianjurkan melaksanakan ibadah salat Idul Adha 1441 H di rumah.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pagaralam Samsul Bahri, Senin (13/7/2020)

Samsul lebih menyarankan kepada orang dewasa yang ikut salat di masjid maupun mushola saat pelaksanaan salat Idul Adha nantinya. Karena anak-anak dari segi umur ibadah sebagai pembelajaran.

“Anak-anak belum dibebankan kewajiban dari segi keagaman, jadi kita lebih mengutamakan dewasa, paling ditakutkan Orang Tanpa Gejala sebagai upaya pencegahan ini yang perlu diwaspadai,” terangnya.

Anak-anak dibawah 12 tahun silahkan salat dirumah, termasuk orang tua yang sakit dan usia rentan lebih baik ibadah d irumah. Kalau anak-anak diatas 15 tahun yang imunnya sudah bagus silahkan saja ikut salat ied di masjid masjid maupun mushola.

“Terpenting pengurus masjid dan mushola saat pelaksanaan salat Idul Adha menggunakan protokol kesehatan dengan memperhatikan beberapa hal, diantaranya pengurus masjid atau panitia pelaksanaan salat Ied mengatur jarak dengan memberikan tanda sehingga jemaah memahami dan mentaati ketentuan protokol kesehatan,” ucapnya.

Samsul menjelaskan saat proses penyembelihan hewan kurban, harus memperhatikan protokol kesehatan dan dilaksanakan di tempat terbuka. Jangan sampai berkerumun, sedangkan para panitia hewan kurban harus menggunakan alat perlindungan diri seperti masker, sarung tangan dan alat perlindungan diri lainnya.

Sementara itu, Kakemenag Kota Pagaralam, H Win Hartan menambahkan untuk mendukung pelaksanaan salat Idul Adha di tengah pandemi covid-19, pihaknya akan mengeluarkan panduan khutbah Idul Adha untuk seluruh masjid di Kota Pagaralam.

“Diminta kepada seluruh pengurus masjid untuk khotib, pada pelaksanaan salat Ied nanti lebih memberdayakan masyarakat lingkungan masjid itu sendiri, kalau bisa tidak perlu mengundang khotib dari luar,” jelasnya.

Meskipun belum ada penetapan resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia, Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 diperkirakan jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 mendatang. Dan berdasarkan Surat Edaran (SE) Kemenag nomor 18 tahun 2020 bahwa salat Idul Adha sudah bisa dilaksanakan sebagaimana biasanya. Dengan catatan memperketat pengawasan dan menerapkan protokol kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES