Pemerintahan NKRI Lawan Corona

Sekda Banjarnegara: Forum Kesehatan Desa Bisa Mempercepat Penanganan Covid-19

Senin, 13 Juli 2020 - 20:57 | 55.56k
Sekda Banjarneagara Drs Indarto MSi melakukan pertemuan dengan Forum Kesehatan Desa. (Foto: Kominfo/TIMES Indonesia)
Sekda Banjarneagara Drs Indarto MSi melakukan pertemuan dengan Forum Kesehatan Desa. (Foto: Kominfo/TIMES Indonesia)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARASekda Banjarnegara Jawa Tengah Drs. Indarto MSi melakukan pertemuan optimalisasi peran forum kesehatan desa/kelurahan dalam percepatan penanganan Covid-19 di Gedung Sasana Bhakti Praja Setda, Senin (13/7/2020).

Pertemuan ini diikuti oleh 312 peserta. Mereka terbagi menjadi 6 angkatan yakni pelaksana promosi dan pemberdayaan kesehatan puskesmas dan ketua forum kesehatan desa/kelurahan se-Kabupaten Banjarnegara.

Sekda Indarto menyampaikan bahwa forum kesehatan desa/kelurahan berperan penting pada situasi pandemi Covid-19 dalam hal percepatan penanganan dan pencegahan penularannya.

Forum ini merupakan wadah partisipasi bagi masyarakat dalam mengembangkan pembangunan kesehatan di tingkat desa atau kelurahan untuk merencanakan, menetapkan, koordinasi dan penggerak kegiatan serta monitoring evaluasi pembangunan kesehatan di desa/kelurahan.

“Keberadaan forum ini dengan para pelindung Kepala Desa/Lurah diharapkan dapat melaksanakan fungsinya secara maksimal dengan memberdayakan fungsi koordinator didalamnya,” kata Indarto.

Sebagai pedoman dalam pelaksanaan fungsi tersebut diantaranya adanya Instruksi Gubernur Jawa Tengah selaku ketua gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Jawa Tengah Nomor 1 Tahun 2020 tentang pemberdayaan masyarakat dalam percepatan penanganan Covid-19 di tingkat RW melalui pembentukan Satgas Jogo Tonggo.

Seperti diketahui bahwa Provinsi Jawa Tengah sudah mendistribusikan Paket Jogo Tonggo ke seluruh Desa/Kelurahan di Jawa Tengah termasuk di Kabupaten Banjarnegara.

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Banjarnegara, dr. Latifa Hesti Purwaningtyas, M.Kes berharap Forum Kesehatan Desa/Kelurahan mampu mengambil peran berdasarkan fungsi koordinator di masing-masing desa/kelurahan pada struktur Desa Siaga Aktif.

“Melalui forum desa/kelurahan siaga aktif kesehatan diharapkan percepatan penanganan Covid-19 dapat lebih efektif dan tepat sasaran,” katanya

“Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan program terkait percepatan penanganan Covid-19 di setiap desa/kelurahan diantaranya adaptasi kebiasaan baru di era pandemi Covid-19,” sambung dr Latifa saat mendampingi Sekda Banjarnegara ketika memberi materi mengenai Forum Kesehatan Desa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES