Pemerintahan

Bupati Banjarnegara Dorong Partisipasi Pemuda dalam Pembangunan Ekonomi Kerakyatan

Senin, 13 Juli 2020 - 20:10 | 29.54k
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono saat meninjau Centra Reza City Purworejo Klampok. (FOTO: Kominfo/TIMES Indonesia)
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono saat meninjau Centra Reza City Purworejo Klampok. (FOTO: Kominfo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARABupati Banjarnegara Jawa Tengah Budhi Sarwono pada Senin (13/7/2020) meninjau Centra Preza City di Kompleks Pasar Purworejo Klampok, Kabupaten Banjarnegara.

Centra Preza City adalah pusat perdagangan, perkantoran dan kuliner yang diprakarsai olah anak-anak muda Purworejo Klampok. Dalam operasionalnya, dikelola usaha perdagangan, perkantoran, pusat kuliner, pengelolaan parkir dan keamanan pasar.

Banjarnegara-Budhi-Sarwono-2.jpg

Selain meninjau dan menemui pengelola, Bupati Budhi Sarwono  juga melakukan dialog interaktif dengan masyarakat dan pedagang di Pasar Purwareja. "Ini adalah kegiatan positif. Sehingga saya sangat mendukung. Sebaliknya untuk hal negatif akan saya larang," katanya.

Dijelaskan Budhi Sarwono, Preza City adalah gebrakan yang sangat bagus dari anak muda untuk mendukung pembangunan daerah. Sehingga kami akan dukung,"  tambah bupati.

Bupati menjelaskan, Pemkab Banjarnegara mendorong partisipasi masyarakat terutama para pemuda dalam membangun dan meningkatkan ekonomi kerakyatan. Ia meminta agar kompleks ini dikelola secara profesional dan tertib, sehingga membawa manfaat bagi masyarakat terutama pedagang.

"Ini akan sangat dibutuhkan pedagang.  Kami siap mensupport pengelola, antara lain  support untuk segera mengurus perijinannya. Disamping itu kami himbau pengelola agar retribusi yang dikenakan tidak terlalu membebani pedagang dan senantiasa menjaga keamanan serta kebersihan pasar," pesan bupati.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM, Joi Setiawan, yang turut mendampingi bupati mengatakan, pengelolaan sentra tersebut secara mandiri oleh masyarakat dan pemuda desa. Namun pihaknya siap mendukung karena sentra tersebut turut menopang geliat ekonomi di Pasar Pagi Purwareja.

"Pengelola sangat membantu Pemkab dalam penyediaan fasilitas bagi pedagang pasar pagi dan mengurangi resiko pedagang yang selama ini menggelar lapak mereka di pinggir-pinggir jalan," katanya.

Sementara Tony Saefudin Hidayat, tokoh pemuda setempat, saat menghadap Bupati Banjarnegara beberapa waktu sebelumnya, mengatakan, wilayah Purwareja Klampok sangat potensial sebagai kota penyangga ekonomi Kabupaten Banjarnegara, sehingga dirinya ikut terpanggil untuk turut membangun melalui pendirian usaha. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES