Indonesia Positif

Rektor UMY Gunawan Sapa Orang Tua Mahasiswa Melalui Virtual

Senin, 13 Juli 2020 - 19:07 | 60.53k
Rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto MP saat menyapa para orangtua/wali mahasiswa dalam acara virtual Rektor Menyapa. (FOTO: Humas UMY for TIMES Indonesia)
Rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto MP saat menyapa para orangtua/wali mahasiswa dalam acara virtual Rektor Menyapa. (FOTO: Humas UMY for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menghadirkan sesi Rektor Menyapa. Kali ini ditujukan untuk menjalin silaturahmi dengan para orang tua/wali mahasiswa melalui saluran virtual Microsoft Teams, kanal YouTube UMYogya dan saluran live Instagram TV. Setidaknya, ada 1.000 partisipan atau orang tua yang mengikuti program Rektor Menyapa yang menghadirkan Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto MP meyakinkan kepada orang tua mahasiswa. Bahwa, UMY sudah siap dan aman untuk melaksanakan kegiatan perkuliahan.

Flayer-UMY.jpg

“Baik melalui online yang selama ini sudah berlangsung menggunakan aplikasi MyKlass maupun offline atau tatap muka ketika kondisi sudah memungkinkan,” kata Gunawan, dalam keterangan press rilisnya, Senin (13/7/2020).

Menurutnya, pandemi ini memang tidak bisa diprediksi kapan akan berakhir. Hal ini tentu memberi dampak permasalahan besar, salah satunya pada dunia pendidikan. Baik itu tentang bagaimana sistem pendidikan itu berjalan, biaya pendidikan hingga sampai dengan keselamatan mahasiswa ketika nanti perkuliahan bisa kembali dijalankan secara tatap muka.

“Ini memang jadwal kita untuk bertemu dengan bapak/ibu orang tua mahasiswa agar tercapai persepsi yang sama tentang proses pembelajaran di tengah situasi pandemic Covid-19,” imbuh Gunawan.

Gunawan menerangkan kepada orang tua mahasiswa bahwa UMY sudah memiliki protokol kesehatan, protokol kedatangan mahasiswa, protokol mahasiswa masuk ke kampus, protokol mahasiswa mengikuti kuliah serta praktikum yang sudah disiapkan jauh-jauh hari bersama pihak Kelurahan Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Bantul.

“Jadi jelas UMY siap dan aman untuk melaksanakan kegiatan perkuliahan. Untuk pembelajaran online, kami memiliki platform MyKlass yang terus kami kembangkan dan sudah digunakan selama masa pandemi,” ujarnya.

Di sisi lain, orang tua mahasiswa juga diajak berdiskusi mengenai apa saja permasalahan yang dihadapi putra-putrinya selama perkuliahan di masa pandemi dengan bertanya langsung atau melalui chat yang tersedia di Ms Teams, Youtube dan Instagram UMYogya.

Antusiasme para orang tua mahasiswa untuk langsung bertanya kepada jajaran rektor UMY sangat baik, terdapat beberapa pertanyaan diantaranya ada yang bertanya mengenai keringanan biaya yang sebenarnya sudah UMY lakukan dengan pemotongan biaya perkuliahan di semester mendatang.

Kemudian orang tua mahasiswa juga bertanya perihal bagaimana pelaksanaan praktikum hingga wisuda yang akan dilaksanakan pada bulan September mendatang. Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Ir Sukamta MT IPM juga sudah membuat keputusan untuk perkuliahan semester gasal yang akan dilaksanakan secara online sampai 30 November 2020.

Sukamta menambahkan, adapun pelaksanaan praktikum yang harusnya dilakukan pada bulan Juli – Agustus 2020 ditunda dan dilaksanakan Desember 2020 dengan pengecualian kondisi Covid-19 sudah bisa teratasi.

“Sementara bagi mahasiswa yang akan wisuda pada bulan September 2020, mereka harus menyelesaikan Yudisium sampai batas waktu 27 Juli 2020,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, UMY mengumumkan lima mahasiswa baru yang mendapatkan beasiswa Program Dokter Muhammadiyah. Tiga mahasiswa mendapatkan beasiswa di Program Studi Pendidikan Dokter dan dua mahasiswa mendapatkan beasiswa di Program Studi Pendidikan Dokter Gigi.

Kelima mahasiswa tersebut telah melalui tahapan seleksi panjang untuk mendapatkan beasiswa dokter Muhammadiyah senilai 550 juta per mahasiswa. Beasiswa tersebut memang diperuntukkan bagi mereka yang kurang secara finansial.

Salah satu orang tua penerima beasiswa dari Program Studi Pendidikan Dokter Gigi, Dwi Meilani mengucapkan banyak terima kasih untuk UMY yang telah memberikan kesempatan kepada anaknya untuk mendapatkan beasiswa kedokteran.

“Semoga anak saya bisa menjadi dokter Muhammadiyah yang berguna bagi nusa dan bangsa,” jelasnya dalam Program Rektor Menyapa yang diikuti Rektor UMY Gunawan Budiyanto dengan audien orang tua mahasiswa. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti tes masuk UMY dapat mengakses melalui cbtkhusus.umy.ac.id. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-12 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES