Pendidikan

Tahun Ajaran Baru, Para Siswa Kelas 7 di SMPN 1 Majalengka Lakukan MPLS di Sekolah

Senin, 13 Juli 2020 - 19:13 | 162.57k
Sswa baru kelas VII di SMPN 1 Majalengka, melakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sekolah. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Sswa baru kelas VII di SMPN 1 Majalengka, melakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sekolah. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Dalam tahun ajaran baru 2020-2021, para siswa baru kelas VII di SMPN 1 Majalengka, melakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sekolah, Senin (13/7/2020).

Dari pantauan, para siswa sudah berkumpul sejak pukul 07.00 WIB di halaman sekolah. Mereka diberi pengarahan oleh pihak sekolah dengan tetap menjalankan prosedur protokol kesehatan Covid-19, yaitu jaga jarak.

Para siswa juga diinstruksikan tetap menggunakan masker dengan pakaian khas sekolah dasar, putih merah. Setelah itu, para siswa dipanggil satu persatu untuk mendapatkan kelas masing-masing.

SMPN-1-Majalengka-a.jpg

Kepala SMPN 1 Majalengka, Nani Nurul Hidayati mengatakan, pihaknya sengaja menginstruksikan para siswa baru tersebut untuk datang terlebih dahulu ke sekolah, hal itu untuk mengikuti segala proses pengenalan, bertatap muka secara singkat dalam mengenal lingkungan sekolah dan teman barunya.

"Siswa kelas 7 kita instruksikan untuk datang terlebih dahulu ke sekolah, untuk mengikuti segala proses pengenalan, bertatap muka sebentar dalam beberapa jam ke depan," ujar Nani.

Nani menjelaskan, dalam proses pengenalan ini, ada berbagai kegiatan yang dilakukan sebelum dalam proses pengenalan tersebut. Yakni, pertemuan dengan wali kelas, perkenalan antar siswa dan memberikan nomor telepon seluler masing-masing para siswa.

"Dalam proses pengenalan ini, para siswa dibagi kelasnya, pertemuan terlebih dahulu oleh wali kelas dan kemudian para siswa akan diminta untuk memberikan nomor hp masing-masing. Untuk esok harinya, para siswa tetap akan melakukan proses belajar melalui sistem daring," ucapnya.

Masih dijelaskan dia, teknis pembelajarannya nanti, para siswa tersebut akan diberi sejumlah materi, pelatihan-pelatihan dan soal. Pembelajaran tersebut, akan dipandu secara langsung oleh wali kelas yang bersangkutan.

"Teknis pembelajaran daringnya, para siswa akan diberi materi terlebih dahulu melalui Microsoft form, kemudian ada juga latihan-latihan yang diberikan," ujarnya.

"Intinya, hari ini hanya pengenalan, pembagian kelas, pengarahan juga ada. Kalau besok-besok baru mulai belajar di rumah lewat online," kata Kepala Sekolah tersebut.

Sementara itu, SMPN 1 Majalengka sendiri pada tahun ajaran baru 2020-2021 menerima siswa sebanyak 288 orang yang terbagi menjadi 9 rombongan belajar yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Sedangkan, untuk jumlah siswa keseluruhan berjumlah 873 orang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES