Pendidikan

Hasan Chabibie: Pendidikan Jarak Jauh sebuah Keharusan

Senin, 13 Juli 2020 - 17:33 | 79.26k
Hasan Chabibie dan tim Kemendikbud dalam RDP dengan Komisi  X DPR RI (FOTO: Webinar)
Hasan Chabibie dan tim Kemendikbud dalam RDP dengan Komisi X DPR RI (FOTO: Webinar)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di tengah pandemi Covid-19 serta proses menuju era kenormalan baru, pendidikan jarak jauh merupakan sebuah keharusan. Demikian ungkapan yang tersampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat antara Komisi X DPR RI dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang diselenggarakan secara daring pada Senin, 12 Juli 2020.

Plt Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin Kemendikbud), M Hasan Chabibie mengungkapkan betapa pendidikan daring, merupakan keharusan di tengah situasi sekarang. "Dalam kondisi pendemi begini, mau tak mau pendidikan jarak jauh itu sebuah keharusan," ungkapnya di hadapan para anggota legislatif Komisi X DPR RI.

Pada rapat dengar pendapat kali ini, selain dihadiri oleh para anggota dewan dan perwakilan Kemendikbud, juga hadir bebrapa perwakilan provider telekomunikasi dan penyelenggara media nasional, dari beberapa kawasan di Indonesia.

data-PAndemi-Covid.jpg

Agenda RDP kali ini, yang diselenggarakan secara daring, mengevaluasi pembelajaran daring yang dilakukan selama ini, seraya mencari solusi bersama atas tantangan-tantangan yang ada.

Menurut Hasan Chabibie, pandemi Covid-19 telah mendorong perubahan struktural yang sangat cepat di pelbagai belahan dunia. "Di antara perubahan itu, yakni banyaknya institusi yang mendapat tekanan finansial. Juga, percepatan akses digital di bidang industri di pelbagai negara. Di sisi lain, para pelaku usaha juga dipaksa untuk melakukan perubahan penampilan dengan menggunakan teknologi cyber baik dalam manajemen, marketing maupun produksi," terang Hasan Chabibie, yang juga menjadi pengasuh Pesantren Baitul Hikmah, Depok, Jawa Barat.

"Pandemi Covid-19 juga memunculkan pelaku usaha, atau wirausahawan baru yang dengan cerdik memanfaatkan situasi dari tantangan menjadi peluang dengan pemanfaatan teknologi. Selain itu, juga penting untuk bagi sekolah dan penyelenggara pendidikan untuk bersiap dalam pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring," jelas Hasan Chabibie.

Pada agenda itu, Hasan Chabibie yang mewakili Kemendikbud, sebagai Plt Kepala Pusdatin Kemendikbud, menyampaikan progres Rumah Belajar dan unit layanan lain dari Pusdatin yang selama ini menjadi kunci sistem layanan pembelajaran daring atau pendidikan jarak jauh secara nasional. Hasan juga mengajak semua pihak berkolaborasi untuk peningkatan kualitas pendidikan Indonesia di masa depan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES