Pendidikan

Tahun Ajaran Baru, Sekolah di Lamongan Laksanakan KBM secara Daring

Senin, 13 Juli 2020 - 17:05 | 80.40k
Kabid SMP Dinas Pendidikan Lamongan, R. Chusnu Yuli, memantau kegiatan MPLS yang dilaksanakan secara daring, Senin (13/7/2020). (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
Kabid SMP Dinas Pendidikan Lamongan, R. Chusnu Yuli, memantau kegiatan MPLS yang dilaksanakan secara daring, Senin (13/7/2020). (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Tahun ajaran baru 2020/2021 telah dimulai hari ini. Sekolah di Kabupaten Lamongan belum melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar atau KBM secara tatap muka, melainkan masih berlangsung secara daring.

"Semua kegiatan mulai dari KBM hingga Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa baru dilaksanakan dengan daring atau online," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Adi Suwito, Senin (13/7/2020).

Menurut Adi, pihaknya masih harus menunggu instruksi secara resmi dari pemerintah untuk dapat melaksanakan KBM secara bertatap muka.

"Belum ada mas (yang tatap muka), seluruh lembaga mulai dari PAUD, SD dan SMP negeri maupun swasta se-Kabupaten Lamongan masih daring," tuturnya.

"Di Lamongan, SD negeri ada sebanyak 634 sekolah, SMP negeri sebanyak 48 dan yang TK negeri 2 sekolah, yang lain swasta," kata Adi menambahkan.

Sedangkan terkait pembentukan sekolah tanggu yang dilakukan beberapa waktu lalu, menurut Adi, hal itu dilakukan sebagai kesiapan sekolah jika kenormalan baru diterapkan.

"Tangguh itu maksudnya sekolah yang siap jika kenormalan baru diberlakukan terhadap protokol kesehatannya," ucap Adi.

Sementara itu, Kabid SMP Dinas Pendidikan Lamongan, R. Chusnu Yuli menambahkan, pelaksanaan MPLS yang dilaksanakan secara daring hanya untuk materi teoritis.

"Kalau materi yang membutuhkan pengalaman di sekolah akan disampaikan ketika pandemi Covid-19 telah berlalu dan sekolah sudah diizinkan berjalan sebagaimana biasanya," kata Chusnu.

Lebih lanjut Chusnu mengatakan, kegitaan MPLS di Lamongan untuk tahun ajaran baru 2020/2021 berlangsung mulai hari ini sampai tanggal 15 Juli mendatang. "Media yang biasa digunakan dalam moda daring adalah media sosial facebook, whatsApp, telegram, instagram, twitter, blog, youtube, zoom dan lain-lain yang panduan materinya sudah kami kirimkan ke sekolah," tutur Chusnu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES