Gaya Hidup

4 Tips Memilih Buah Semangka yang Matang Sempurna

Senin, 13 Juli 2020 - 15:00 | 139.18k
Buah semangka.
Buah semangka.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak semua orang andai dalam memilih buah. Kebanyakan dari kita melihat kulit buah sebagai panduan utama. Sayangnya hal itu tak sepenuhnya benar. Apalagi untuk memilih buah semangka. 

Jika salah pilih, bisa jadi semangka pucat dan tak manis yang didapat. 

Semangka matang punya kandungan air yang melimpah. Warga merah pada semangka tampak terang. 

Berikut ini tips memilih semangka

1. Perhatikan warnanya kulitnya

Jika Anda membeli semangka di pasar tradisional, semangka dijual per biji. Agak susah untuk melihat warga daging semangka. Untuk itu perhatikan warna kulitnya. Pilihlah warna kulit semangka yang hijau tua dengan bercak kuning atau disebut field spot. 

Field spot muncul bila buah semangka bersentuhan langsung dengan tanah. Bercak berwarna kuning yang umumnya ada di bagian bawah semangka ini dapat menjadi salah satu indikasi kematang buah. Field spot yang lebar itu tandanya semangka telah matang. 

2. Mengetuk permukaan semangka

Cara ini untuk mengetahui kepadatan buah. Semagka dengan kualitas yang baik akan mengeluarkan suara yang terkesan penuh saat diketuk. Namun jika semangka berbunyi nyaring maka banyak rongga dalam semangka.

3. Perhatikan warna daging buah

Jika Anda ingin membeli semangka potong, perhatikan warna dari daging buahnya. Semangka yang matang sempurna akan memiliki warna merah yang terlihat segar dan ranum.  

Untuk memastikan buah semangka masih segar dan renyah, Anda dapat menekan secara lembut dengan jari telunjuk. Jika semangka masih mengeluarkan air saat ditekan, berarti daging buah masih segar dan renyah. 

4. Pilih batang yang sudah kering

Biasanya ada semangka yang meninggalkan batang pendek. Pilihlah bayang yang telah mengering. Itu menandakan semangka benar-benar matang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES