Peristiwa Daerah

Webinar Series #Berbaur 2, Berbagi Tips Membuat Brand Unik

Senin, 13 Juli 2020 - 12:30 | 27.68k
Strategi Digital marketing dan pembuat brand produk dikuaos dalam webinar series #Berbaur 2. (Foto: Ovvis/TIMES Indonesia)
Strategi Digital marketing dan pembuat brand produk dikuaos dalam webinar series #Berbaur 2. (Foto: Ovvis/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Brand atau sangat berpengaruh terhadap penjualan produk. Pentingnya brand untuk memikat konsumen dikupas dalam Webinar Series #Berbaur 2 yang dihelat HIPMI Kota Madiun, TIMES Indonesia dan Ovvis Coworkingspace, disupport Asosiasi UMKM Madiun.

Webinar series menghadirkan Muhammad Alif owner Haws and Ovoz, Satria Abadi owner kuliner kekinian Sego Ndeso dan Andro Rohmana dari HIPM Kota Madiun dipandu dan moderator Bambang H Irwanto dari TIMES Indonesia.

Muhammad Alif yang kompeten di bidang desain mengungkapkan sebelum membuat brand produk ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah riset dan pengenalan produk.

"Riset ini penting sebagai bahan membuat konten dan visual brand produk kita," jelas Alif sapaan akrabnya.

Tren pemasaran melalui  media sosial (medsos) menjadikan brand sebuah kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan pelaku usaha. Membuat brand yang unik dan berpotensi viral perlu dilakukan untuk memikat konsumen.

"Visual bagus, caption bagus atau video bagus akan memperkuat brand.  Sedikit berbeda lebih baik daripada sedikit lebih baik," jelas Alif.

Selain membuat brand yang menarik, membangun kedekatan dengan konsumen juga perlu dilakukan. Menurut Andro Rohmana, medsos saat ini cukup berpengaruh dalam kesuksesan sebuah produk di pasaran.

"Ada tiga hal yang perlu dilakukan. Yakni rajin follow di medsos, post sale monitoring untuk mengetahui respons konsumen serta konten promo yang relevan dan disukai konsumen," jelas Andro.

Setelah memiliki brand yang dirasa pas, pelaku usaha perlu mengintegrasikan dan memaksimalkan seluruh saluran  penjualan. Bila perlu berkolaborasi dengan brand yang sudah eksis untuk melihat potensi dan peluang mengakuisisi konsumen.

Strategi-Digital-marketing-b.jpg

"Mengakuisisi di sini bukan merebut tapi ikut mempromosikan produk kita melalui saluran yang dipakai brand yang eksis dan punya banyak konsumen," jelasnya.

Sementara, Satria Abadi owner berbagi tips dan pengalaman mengelola usaha kuliner agar bisa eksis. Termasuk proses pembuatan brand produk untuk menarik minat konsumen.

Webinar series kerjasama HIPMI Kota Madiun, TIMES Indonesia dan Ovvis Coworkingspace dan didukung Asosiasi UMKM Madiun akan diagendakan setiap dua pekan dengan tema beragam. Terutama tema UMKM, wirausaha dan digital marketing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES