Pendidikan

Era New Normal, Sektor Pendidikan Masih Butuh Kesiapan (1)

Senin, 13 Juli 2020 - 09:34 | 23.12k
Era New Normal, Sektor Pendidikan Masih Butuh Kesiapan (1)
Kabid Sarpras Disdik Sleman, Adi Marsanto. (FOTO: Adi M for TIMES Indonesia)
Pewarta: | Editor: Wahyu Nurdiyanto

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Covid-19 masih melanda berbagai negara di duni termasuk Indonesia. Hal ini tentu membuat stakeholder mengambil sikap dan kebijakan dalam upaya memutus mata rantai penyebarannya termasuk sektor pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI telah menerbitkan sejumlah kebijakan terkait era new normal.

Antara lain, Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Kemendikbud. Kemudian, Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan. Selanjutnya, Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 yang antara lain memuat arahan tentang proses belajar dari rumah.

Peraturan ini dikeluarkan karena sekolah merupakan aktivitas berkumpul dan berinteraksi antara guru dan siswa sehingga dikhawatirkan akan menjadi sarana penyebaran Covid-19. Karena itu, berbagai wilayah menetapkan kebijakan belajar dari rumah. Menyasar seluruh jenjang pendidikan mulai pra-sekolah hingga pendidikan tinggi, baik negeri maupun swasta.

“Kebijakan belajar di rumah dilaksanakan dengan tetap melibatkan pendidik dan peserta didik melalui pembelajaran jarak jauh,” kata Kepala Bidang Sarana dan Prasana Dinas Pendidikan (Kabid Sarpras Disdik) Kabupaten Sleman, Sri Adi Marsanto ST MA kepada TIMES Indonesia, Senin (13/7/2020).

Menurutnya, pembelajaran jarak jauh terbagi dua jenis. Yakni, pembelajaran luar jaringan (luring) serta pembelajaran daring. Kedua, pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS).

Penerapan pembelajaran luring contohnya melalui buku pegangan siswa dan guru. Dimana guru bisa meminjamkan buku pegangan pembelajaran miliknya ke murid.

“Pendidik bisa juga memanfaatkan televisi dan radio sebagai akses pembelajaran luring,” jelasnya.

Menurutnya, kesiapan sumber daya manusia sangat penting. Meliputi pendidik (guru), peserta didik, dan dukungan orang tua merupakan bagian terpenting dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.

Idealnya, pembelajaran daring tetap dapat mengakomodasi kebutuhan belajar siswa untuk mengembangkan bakat dan minat sesuai jenjang pendidikannya. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan kesiapan pendidik, kurikulum yang sesuai, ketersediaan sumber belajar, dukungan perangkat dan jaringan yang stabil sehingga komunikasi antar peserta didik dan pendidik dapat efektif.

“Kondisi pembelajaran jarak jauh (daring) saat ini belum dapat disebut ideal. Sebab, masih terdapat berbagai hambatan yang dihadapi dan jadi tantangan dalam pelaksanaannya,” paparnya.

Padahal, lanjut Adi Marsanto, ini merupakan keharusan agar kegiatan pendidikan tetap terselenggara di tengah pandemi Covid-19 ataupun saat memasuki tatanan New Normal.

“Hambatan yang dihadapi, berkaitan dengan kesiapan sumber daya manusia. Kurang jelasnya arahan pemerintah pusat maupun daerah. Belum adanya kurikulum yang tepat. Serta keterbatasan sarana dan prasarana, khususnya dukungan teknologi dan jaringan internet," jelas Adi Marsanto.

Kenyataan di lapangan, banyak keluhan/pengaduan baik dari pendidik, peserta didik, maupun orang tua terkait pelaksanaan belajar dari rumah ini. Banyak pendidik yang mengeluhkan terbatasnya ketersediaan sarana teknologi. Juga kemampuan pengoperasian maupun keterbatasan jaringan internet di beberapa wilayah/lokasi.

Beberapa pengaduan yang masuk meliputi penugasan yang terlalu berat dengan waktu yang singkat, banyak tugas merangkum dan menyalin dari buku, jam belajar masih kaku, keterbatasan kuota untuk mengkuti pembelajaran daring, sebagian siswa tidak mempunyai gawai pribadi sehingga kesulitan dalam mengikuti ujian daring.

Melihat hal ini, jelas Adi Marsanto, Dinas Pendidikan mempunyai andil yang kuat terkait pembelajaran daring yang belum maksimal. Dengan memberikan arahan yang jelas, detil dan spesifik mengenai tugas guru, orang tua, dan siswa sehingga berpengaruh terhadap kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring.

Dari sisi akses, tantangan bagi pemerintah daerah adalah ketika pembelajaran daring dilaksanakan di wilayah/lokasi yang aksesibilitas, infrastruktur, dan literasi digitalnya rendah. Salah satu kesulitan proses pembelajaran daring adalah keterbatasan internet baik dari ketersediaan jaringan maupun kuota untuk mengaksesnya.

Saat ini, pembelajaran daring diimplementasikan dengan beragam cara oleh pendidik di tengah penutupan sekolah. Namun implementasi ini dinilai tidak maksimal dan menunjukkan masih ada ketidaksiapan di kalangan pendidik untuk beradaptasi di iklim digital (daring).

Banyak sekolah jenjang pendidikan dasar yang menerapkan metode pemberian tugas secara daring bagi siswa. Penugasan dilakukan melalui berbagai media sosial yang tersedia, terutama whatsapp grup.

Bentuk penugasanlah yang dipandang efektif dalam pembelajaran jarak jauh. Namun konsekuensinya, pengenalan materi pelajaran sebagaimana diharapkan dalam pembelajaran tatap muka tidak bisa berjalan dengan baik.

Dalam pembelajaran tatap muka ada penyampaian konsep pembelajaran dan tujuannya terlebih dahulu. Kemudian berlanjut sampai pemahaman dan pengembangannya. Tahapan-tahapan itu tidak berjalan dengan baik dalam situasi ini.

Selain itu, banyak guru mengimplementasikan dengan cara beragam. Ada yang membuat konsep ceramah online. Ada yang tetap mengajar di kelas seperti biasa tetapi divideokan lalu dikirim via whatsapp ke siswa. Atau ada juga yang memanfaatkan konten-konten gratis dari berbagai sumber.

“Itu suatu usaha awal yang baik, tetapi pada dasarnya tidak sesuai dengan pedagogi digital (e-pedagogy). Fokus di pendidikan era 4.0 bukan lagi apa yang dipelajari, melainkan bagaimana caranya belajar,” terang Adi Marsanto.

Karena itu, pentingnya posisi seorang pendidik (guru) karena mereka harus membimbing peserta didik tentang caranya belajar termasuk belajar dengan memanfaatkan internet.

Ia mengingatkan, konsep pembelajaran jarak jauh (daring) berbasis digital diatur dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Ada 14 poin mengenai pembelajaran berbasis digital dari Permendikbud tersebut. Di antaranya, perubahan pola pengajaran peserta didik dari awalnya diberitahu menjadi didorong untuk mencari tahu.

Kemudian, perubahan dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi dan lain-lain. Melihat kesulitan yang terjadi di lapangan dalam proses pembelajaran daring ini membuktikan bila peraturan/standar itu tidak pernah diikuti. Atau program-program pelatihan guru masih sebatas ‘event’. Sementara implementasinya tidak pernah terukur dan tidak dievaluasi hasil belajarnya.

Menanggapi berbagai keluhan terkait kendala akses internet maupun aktivitas belajar yang memberatkan pendidik maupun peserta didik. Kemendikbud telah mengimbau untuk mewujudkan pendidikan bermakna yang tidak hanya fokus pada capaian aspek akademik atau kognitif. (*)



Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
KOMENTAR

EKORAN

TERBARU

  • Anak Wali Kota Risma Siap Maju Pilkada Surabaya, Ini Tanggapan Ketua DPC PDIP Surabaya
    Anak Wali Kota Risma Siap Maju Pilkada Surabaya, Ini Tanggapan Ketua DPC PDIP Surabaya
    15/08/2020 - 17:29
  • Menteri BUMN Erick Thohir Tegaskan Pemerintah Fokus Penanganan Covid-19 dan Ekonomi 
    Menteri BUMN Erick Thohir Tegaskan Pemerintah Fokus Penanganan Covid-19 dan Ekonomi 
    15/08/2020 - 17:20
  • Erick Thohir: Indonesia Siap Lakukan Imunisasi Massal Covid-19 pada 2021
    Erick Thohir: Indonesia Siap Lakukan Imunisasi Massal Covid-19 pada 2021
    15/08/2020 - 17:12
  • Tiga Tim Asal Pacitan Lolos Babak Semifinal Kerjurnas Bridge 2020
    Tiga Tim Asal Pacitan Lolos Babak Semifinal Kerjurnas Bridge 2020
    15/08/2020 - 17:04
  • Anak Wali Kota Risma Mengaku Siap Maju Pilkada Surabaya 2020
    Anak Wali Kota Risma Mengaku Siap Maju Pilkada Surabaya 2020
    15/08/2020 - 16:57
  • Gubernur Jatim Khofifah Imbau Lakukan Renungan Jelang Detik Kemerdekaan RI
    Gubernur Jatim Khofifah Imbau Lakukan Renungan Jelang Detik Kemerdekaan RI
    15/08/2020 - 16:52
  • Dandim 0624/Kabupaten Bandung Sosialisasikan Protokol 3M Lewat Wayang Golek
    Dandim 0624/Kabupaten Bandung Sosialisasikan Protokol 3M Lewat Wayang Golek
    15/08/2020 - 16:45
  • Universitas Darul 'Ulum Jombang Berikan Tiga Beasiswa untuk Mahasiswa Baru
    Universitas Darul 'Ulum Jombang Berikan Tiga Beasiswa untuk Mahasiswa Baru
    15/08/2020 - 16:38
  • HUT 75 RI, Polres Bangkalan Salurkan Bantuan 10 Ton Beras
    HUT 75 RI, Polres Bangkalan Salurkan Bantuan 10 Ton Beras
    15/08/2020 - 16:33
  • Jatim Diganjar Tingkat Kesembuhan Covid-19 Tertinggi Nasional 30 Kali
    Jatim Diganjar Tingkat Kesembuhan Covid-19 Tertinggi Nasional 30 Kali
    15/08/2020 - 16:27

TIMES TV

Warga SDK Santa Maria 2 Turut Rayakan HUT 33 Arema FC

Warga SDK Santa Maria 2 Turut Rayakan HUT 33 Arema FC

11/08/2020 - 12:48

Hari Ulang Tahun  Arema FC, Ideologi dan Prinsip Dasar Arek-arek Malang

Hari Ulang Tahun  Arema FC, Ideologi dan Prinsip Dasar Arek-arek Malang
[CEK FAKTA] Gibran Tantang Rocky Gerung, Presiden Jokowi Serahkan Jabatan ke Prabowo

[CEK FAKTA] Gibran Tantang Rocky Gerung, Presiden Jokowi Serahkan Jabatan ke Prabowo
Pro Kontra Masuk Sekolah Saat Pandemi

Pro Kontra Masuk Sekolah Saat Pandemi
Bedah Buku: Bincang-bincang Perempuan

Bedah Buku: Bincang-bincang Perempuan

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Pengaruh Kuliner Asing di Kota Palopo
    Pengaruh Kuliner Asing di Kota Palopo
    15/08/2020 - 14:16
  • Gara-gara Warna, Sekolah menjadi Klaster Baru
    Gara-gara Warna, Sekolah menjadi Klaster Baru
    15/08/2020 - 12:58
  • Kurikulum Taman Kanak-Kanak, Apa Saja Isinya?
    Kurikulum Taman Kanak-Kanak, Apa Saja Isinya?
    15/08/2020 - 12:29
  • Menyelamatkan Umat dari Benturan Peradaban
    Menyelamatkan Umat dari Benturan Peradaban
    15/08/2020 - 05:36
  • Aktivis Sok Bijak vs Kader Tiktok
    Aktivis Sok Bijak vs Kader Tiktok
    15/08/2020 - 03:35
  • RUU Cipta Kerja Omnibus Law, Bukan untuk Rakyat Kecil?
    RUU Cipta Kerja Omnibus Law, Bukan untuk Rakyat Kecil?
    14/08/2020 - 22:35
  • Menyoal Keseriusan Dinas Pendidikan Mencegah Penularan Covid-19
    Menyoal Keseriusan Dinas Pendidikan Mencegah Penularan Covid-19
    14/08/2020 - 21:20
  • Resesi Tahun 2020-an dan Lingkungan Global yang Berubah
    Resesi Tahun 2020-an dan Lingkungan Global yang Berubah
    14/08/2020 - 17:56
  • Selamat! Arya Bakrie Resmi Nikahi Vannya Istarinda
    Selamat! Arya Bakrie Resmi Nikahi Vannya Istarinda
    15/08/2020 - 17:35
  • Simak! Cara Cek SIM C Sudah Terdaftar Atau Tidak
    Simak! Cara Cek SIM C Sudah Terdaftar Atau Tidak
    15/08/2020 - 17:21
  • Anak Wali Kota Risma Siap Dampingi Eri Cahyadi di Pilwali Surabaya
    Anak Wali Kota Risma Siap Dampingi Eri Cahyadi di Pilwali Surabaya
    15/08/2020 - 17:20
  • Lanjutan Liga 1 2020 Tetap Diawasi Satgas Anti Mafia Bola
    Lanjutan Liga 1 2020 Tetap Diawasi Satgas Anti Mafia Bola
    15/08/2020 - 17:20
  • Jokowi Ibaratkan Komputer Hang, Ananda: Virusnya Harus Didelete Dulu
    Jokowi Ibaratkan Komputer Hang, Ananda: Virusnya Harus Didelete Dulu
    15/08/2020 - 17:17
  • Bongkar Borok Pesilat Wanita yang Ngaku Sakti, Tangan Hancurkan Tembok
    Bongkar Borok Pesilat Wanita yang Ngaku Sakti, Tangan Hancurkan Tembok
    15/08/2020 - 00:51
  • Jangan Kaget Lihat Harga Innova Baru yang Meluncur Senin Besok
    Jangan Kaget Lihat Harga Innova Baru yang Meluncur Senin Besok
    15/08/2020 - 14:50
  • Deddy Corbuzier Bongkar Rahasia Pesilat Wanita yang Ngaku Sakti
    Deddy Corbuzier Bongkar Rahasia Pesilat Wanita yang Ngaku Sakti
    15/08/2020 - 13:04
  • Messi Syok Berat, Cuma Diam di Ruang Ganti Usai Barca Dibantai Bayern
    Messi Syok Berat, Cuma Diam di Ruang Ganti Usai Barca Dibantai Bayern
    15/08/2020 - 06:50
  • Kepalsuan Sadis Pesilat Wanita yang Ngaku Sakti Hindari Peluru
    Kepalsuan Sadis Pesilat Wanita yang Ngaku Sakti Hindari Peluru
    15/08/2020 - 02:09