Peristiwa Daerah

Gempa Tektonik di Selatan Kulonprogo, Terasa di Cilacap

Senin, 13 Juli 2020 - 07:44 | 33.09k
Ilustrasi gempa bumi. (dok/TI)
Ilustrasi gempa bumi. (dok/TI)

TIMESINDONESIA, CILACAPGempa tektonik berkekuatan M 5,2 mengguncang wilayah Samudera Hindia selatan Jawa, Senin (13/7/2020) pukul 02.50 WIB. Dari hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo  M=5,1.

Episenter gempa terletak pada koordinat 8,73 LS dan 109,88 BT, atau persisnya berlokasi di laut pada jarak 101 km arah selatan Wates, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada kedalaman 46 km.

peta-BMKG.pngLokasi gempa di peta BMKG. (FOTO: Dok BMKG Yogya/TIMES Indonesia)

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Sleman, Yogyakarta, Agus Riyanto, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault," katanya dalam rilis yang diterima TIMES Indonesia, Senin (13/7/2020). 

Sementara guncangan gempa ini, imbuh Agus, dirasakan di daerah Pacitan, Purworejo, Yogya, Wonogiri, dan Cilacap hingga II-III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan-akan truk berlalu.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa hingga Senin (13/7/2020) pukul 03.15 WIB, belum ada aktivitas gempa susulan (aftershock).

Untuk itu, kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Mohon agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan, sebelum Anda kembali ke dalam rumah," pesan Agus Riyanto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES