Peristiwa Nasional

Jelang Idul Adha 1441 H, Mentan RI Syahrul Pantau Ternak Hewan di Subang

Minggu, 12 Juli 2020 - 19:49 | 30.96k
Mentan RI Syahsrul Yasin Limpo mengunjungi unit pengolahan pakan dan kandang pembiakan, serta penggemukan sapi di desa Neglasari, Kecamatan Purwadadi kabupaten Subang. (Foto: Kementan RI for TIMES Indonesia)
Mentan RI Syahsrul Yasin Limpo mengunjungi unit pengolahan pakan dan kandang pembiakan, serta penggemukan sapi di desa Neglasari, Kecamatan Purwadadi kabupaten Subang. (Foto: Kementan RI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUBANG – Jelang hari raya Idul Adha 1441 H, Menteri Pertanian (Mentan RI) Syahrul Yasin Limpo mengunjungi unit pengolahan pakan dan kandang pembiakan, serta penggemukan sapi di desa Neglasari, Kecamatan Purwadadi kabupaten Subang, Minggu (12/7/2020). Kawasan tersebut merupakan kawasan dari ternak dan Korporasi Brahman Sejahtera.

Dalam kesempatan ini, Mentan RI meminta kepada para peternak agar terus melakukan produksi, meski saat ini Indonesia tengah dilanda pandemi. Dia juga berharap agar peternak tidak selalu bergantung pada bantuan pemerintah, melainkan harus mampu mengembangkan bantuan-bantuan yang sudah diberikan.

"Kita sudah memberikan unit pengolahan pakan, unit pengolahan pupuk jadi harus dimanfaatkan dengan betul. Jadi peternak tidak lagi menunggu bantuan dari pemerintah," ujar Mentan RI Syahrul Yasin Limpo dalam kunjungannya.

Untuk merealisasikan pengembangan 1000 desa sapi, Mentan RI Syahrul Yasin Limpo berharap para peternak bisa memfokuskan cara kerjanya kepada orientasi bisnis, serta menambah rata-rata kepemilikan sapi melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Dengan memanfaatkan pinjaman dari KUR, yang baru mempunyai dua sampai tiga ekor sapi bisa terus bertambah. Saya sudah berkoordinasi dengan pusat supaya KUR untuk pertanian bisa tiga kali lipat," ucap dia.

Sebagai informasi, Korporasi Brahman Sejahtera meliputi 16 kecamatan, 66 Desa, dan 117 Kelompok, dengan yang aktif 66 Kelompok. Adapun jumlah peternak sebanyak 1.834 Orang, dan jumlah ternak  2.705 ekor dengan rata-rata kepemilikan 2-3 ekor.

Perlu diketahui, hari raya Idul Adha 1441 H berdasarkan kalender nasional jatuh pada tanggal 30 Juli 2020, dan seperti biasa permintaan hewan kurban pun akan meningkat. Nah, dalam kunjungannya hari ini, Mentan RI Syahrul Yasin Limpo menyempatkan untuk melihat unit pengolahan pakan dan kandang pembiakan. Serta penggemukan sapi di Desa Neglasari, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES