Peristiwa Nasional

Indonesia Peringkat ke-6 Penderita Diabetes Terbanyak di Dunia

Minggu, 12 Juli 2020 - 16:06 | 30.08k
Suasana meeting zoom Meet the Doctor bersama Dr. Dante. (FOTO: Tangkapan layar meeting zoom)
Suasana meeting zoom Meet the Doctor bersama Dr. Dante. (FOTO: Tangkapan layar meeting zoom)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Menurut data terbaru dari International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017, sebanyak 10,3 juta jiwa masyarakat Indonesia merupakan penderita diabetes. Hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah diabetes terbesar.

Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik-Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, saat meeting zoom Meet the Doctor tentang kampanye #BeatDiabetes Online Festival Tropicana Slim, Minggu (12/7/2020).

"Apalagi menurut World Health Organization, di era pandemi saat ini, masyarakat dengan kondisi penyakit tertentu seperti diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena komplikasi serius apabila terkena Covid-19," jelasnya.

Dante melanjutkan, inilah mengapa penting bagi masyarakat untuk mendapatkan edukasi yang tepat terkait pencegahan dan penanganan diabetes. Namun sayangnya, saat ini masih cukup banyak informasi hoaks yang beredar seputar diabetes, yang apabila dipercaya dan diterapkan akan akan memperburuk kondisi kesehatan masyarakat.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan #BeatDiabetes Online Festival 2020 yang diadakan oleh Tropicana Slim, karena membantu untuk mengedukasi sekaligus mengajak masyarakat lebih peduli akan kesehatan mereka serta mencegah dan melawan diabetes," ujarnya.

Pada sesi Meet the Doctor, lanjutnya, dirinya pun membagikan tips hidup sehat berkualitas untuk diabetisi, serta mengupas tuntas berbagai mitos fakta terkait diabetes yang saat ini masih banyak beredar di masyarakat.

"Harapan saya, masyarakat dapat semakin cerdas dan berhati-hati dalam menanggapi informasi terkait diabetes dan menerapkan informasi kesehatan yang tepat di kehidupan mereka sehari-hari," jelas Dante. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Cirebon

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES