Entertainment

Angkat Kisah Nyata, PP Tapak Suci Rilis Trailer Film Sang Pendekar

Minggu, 12 Juli 2020 - 14:40 | 208.71k
Film Sang Pendekar. (foto: suaramuhammadiyah)
Film Sang Pendekar. (foto: suaramuhammadiyah)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pimpinan Pusat Tapak Suci merilis trailer film Sang Pendekar. Film garapan Ade Cecep Komarudin ini diangkat dari kisah nyata pendirian perguruan seni beladiri Tapak Suci di bawah organisasi Muhammadiyah.

Dilansir dari Suara Muhammadiyah, Ade mengatakan ide dari film pendek ini karena sejarah Tapak Suci unik dan menarik. Ia mengungkapkan perguruan bela diri ini tidak memiliki hubungan dengan hal-hal yang berbau mistik. 

"Tapak Suci adalah perguruan silat yang murni bela diri, tanpa ada hubungan dengan ilmu ghaib," tegasnya. 

Ade mengungkapkan film ini juga mengangkat beberapa tokoh Tapak Suci yang turut andil dalam mendirikan Muhammadiyah bersama Kiai Ahmad Dahlan. Mereka ikut berjuang melawan penjajah, dan banyak dari mereka yang menjadi syuhada.

Ade juga menjelaskan trailer ini merupakan fase awal dalam pembuatan film Sang Pendekar. "Namun hal pembeda dari trailer yang kita buat ini sesuai dengan alur cerita, berisi penggalan-penggalan yang nantinya dapat dirangkai menjadi sebuah film," kata Ade Trailer ini sebagai pancingan bagi para penonton. 

Sementara itu Afnan Hadikusumo, Ketua Umum Tapak Suci menyambut baik rencana pembuatan flm Sang Pendekar. Ia menyampaikan, dalam kaitannya dengan pembuatan film Sang Pendekar, kontennya lebih banyak pada sejarah keilmuan Tapak Suci. Sebab Tapak Suci baru berdiri pada tahun 1963.

"Sejarah keilmuannya adalah dari seorang Kyai bernama KH. Busyro Syuhada pengasuh Pondok Pesantren Binorong di daerah Banjarnegara yang berkembang dengan pesat, dan di antara murid-muridnya adalah Achyat, M. Yasin, dan Soedirman, yang kelak menjadi Jenderal Besar," ungkapnya.

Berikut link trailer film Sang Pendekar dari PP Tapak Suci. (*)

Trailer "Sang Pendekar"

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES