Peristiwa Internasional

Diunduh 576,7 Juta Pengguna, Pokemon Go Raup Rp 52 Triliun

Sabtu, 11 Juli 2020 - 23:19 | 26.69k
ilustrasi Pokemon Go. (foto: xda-developers)
ilustrasi Pokemon Go. (foto: xda-developers)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPokemon Go berhasil meraup total pemasukan senilai USD 3.6 miliar atau Rp 52 triliun, sejak diluncurkan pada 6 Juli 2016, berdasarkan data perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower.

Mobile Insights Strategist, EMEA di Sensor Tower, Craig Chapple, menyatakan game buatan Ninantic Labs itu menjadi pemimpin di genre gim berbasis lokasi. Sensor Tower mencatat pada tahun 2019, Pokemon Go yang saat itu menghasilkan USD 905 juta secara global.

Craig juga menyampaikan tahun 2016 lalu, juga merupakan salah satu tahun terbaik lainnya yang menjadi puncak popularitas gim itu dan menjadi pembahasan media secara global. 

"Ketika itu Pokemon Go menghasilkan sekitar USD 832,5 juta hanya dalam enam bulan setelah peluncurannya pada Juli," kata Craig.

Craig mengungkapkan para pemain Pokemon Go di Amerika Serikat berkontribusi paling tinggi terhadap pemasukan gim itu. Mereka telah menghasilkan hampir USD 1,3 miliar atau sekitar 35,4 persen dari total nilai belanja pemain.

Kemudia, pada posisi kedua dan ketiga ditempati oleh para pemain Pokemon Go di Jepang dan Jerman. Adapun Google Play menjadi sumber pemasukan terbesar dengan kontribusi pemasukan senilai USD 1,9 miliar atau sekitar 53,6 persen. Sisanya berasal dari App Store, yakni USD 1,7 miliar atau sekitar 46,4 persen.

Pokemon Go hingga saat ini telah mencapai angka 576,7 juta unduhan di seluruh dunia. Amerika Serikat berada di posisi teratas dengan 105,2 juta unduhan atau sekitar 18,2 persen. Lalu, Brasil berada di peringkat kedua dengan hampir 63 juta unduhan, serta Meksiko di peringkat ketiga dengan lebih dari 36 juta unduhan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES