Peristiwa Daerah

Beri Pemahaman Etika dalam Berkeluarga, RPI Gelar Webinar Fiqih Keluarga Muslim

Sabtu, 11 Juli 2020 - 22:44 | 49.19k
Webinar bertajuk Fiqih Keluarga Muslim yang diselenggarakan oleh RPI. (FOTO: RPI)
Webinar bertajuk Fiqih Keluarga Muslim yang diselenggarakan oleh RPI. (FOTO: RPI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rumah Produktif Indonesia (RPI) Divisi Bimbingan dan Konseling menyelenggarakan webinar nasional bertajuk "Fiqih Keluarga Muslim", Sabtu (11/7/2020). Dengan harapan memberikan pemahaman kepada masyarakat luas, tentang etika dalam berkeluarga, membina anak hingga etika dan adab dalam bertamu.

Salah satu pembicara dalam Wabinar tersebut, Dr Nurbaeti mengatakan, bahwa sebelum berkeluarga tiga etika yang penting diketahui yaitu menyiapkan diri, menikah dengan yang sepadan (Sekufu) dan memilih pasangan karena Agamanya (Keimanannya) pada Allah swt.

"Sebelum nikah perbaiki diri dulu, khususnya buat adek-adek mahasiswa ini yang belum nikah," ujarnya Dosen Pendidikan Agama Islam Politeknik Negeri Ujung Pandang tersebut.

Selain itu, lanjut dia, dalam proses berkeluarga, asas ibadah kepada Allah harus diutamakan. Yakni saling memahami hak dan kewajiban masing-masing antara suami dan juga istri. "Suami dan istri harus saling mengetahui kekurangan masing-masing agar dapat saling menghargai satu sama lain," jelasnya

Aktivis Daiyah Muslimah Kabupaten Gowa itu menambahkan, termasuk etika dalam berkeluarga adalah mengasuh anak dengan pola asuh yang baik karena anak adalah amanah Allah yang harus dijaga.

"Ada pola demokratis yaitu bersikap tegas pada anak (Bukan keras) tetapi tetap menghargai keinginannya," ujarnya.

Dr. Abdul Muher, Dosen Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon yang juga hadir sebagai narasumber menyampaikan, bagian dari etika dalam berkeluarga adalah mengetahui adab bertamu (Masuk rumah) di antaranya yaitu meminta izin dan memberi salam kepada tuan rumah.

"Meminta izinlah terlebih dahulu kepada tuan rumah dan berilah salam. Jika tidak diizinkan silahkan pulang," ujarnya.

Agama menjadikan rumah-rumah sebagai tempat tinggal yang nyaman dan aman dari gangguan. Di dalamnya penghuni beristirahat dan mendapatkan ketenangan dalam jiwanya serta agar kehormatan mereka terjaga.

"Maka dengan ini agama melalui perintah Rasulullah Saw menuntun manusia agar mengetahui etika dan adab dalam meminta izin masuk rumah," katanya.

Meisil B Wulur, Direktur RPI Divisi Bimbingan dan Konseling menambahkan, agenda ini adalah kontribusi dari RPI untuk mencerdaskan masyarakat. Terkait etika dan adab agar orang tua mampu mengajarkan anak bagaimana bertamu ke rumah keluarga, tetangga dan yang lainnya.

"Dan kita juga berharap kegiatan ini memberikan pemahaman bagaimana etika suami terhadap istri, orang tua terhadap anak dan seterusnya," katanya.

Dalam acara itu, setidaknya ada peserta berjumlah 96, sangat antusias dari webinar Fiqih Keluarga Muslim yang digelar RPI tersebut, hadir dari berbagai kalangan dan berasal dari penjuru nusantara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES