Peristiwa Daerah

Pipa Gas Bocor, Ini yang Dilakukan Minarak Brantas Gas

Sabtu, 11 Juli 2020 - 16:56 | 31.44k
Pihak Minarak Brantas Gas saat memperbaiki pipa bocor. (foto: Minarak Brantas Gas for TIMES Indonesia)
Pihak Minarak Brantas Gas saat memperbaiki pipa bocor. (foto: Minarak Brantas Gas for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SIDOARJOMinarak Brantas Gas, Inc. sigap menangani kebocoran pipa gas di dekat lahan pengeboran sumur TGA 5 di Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur. Hal ini merupakan bentuk komitmen Minarak Brantas Gas untuk tidak membuat resah warga sekitar.

Minarak Brantas Gas sendiri membantah terjadinya ledakan keras dalam peristiwa ini. Faktanya, tidak ada ledakan sama sekali dalam kebocoran pipa gas tersebut.

Menurut Public Relation Manager Minarak Brantas Gas, Arief Setyo Widodo, kepada TIMES Indonesia, pada hari Jumat (10/7/2020), pukul 14.00 WIB, Minarak Brantas Gas menerima telepon dari salah satu operator, kemudian Operator Produksi mengecek flowrate di GFC Control Room, dan rate mengalami penurunan.

Pipa-Gas-Bocor-a.jpg

Pukul 14.15 WIB Chief Production memerintahkan operator ke lokasi kebocoran untuk memastikan bahwa area kebocoran benar berasal dari TGA 5. Hal ini pun dikoordinasikan dengan Supervisor Production.

Pukul 14:20 WIB Operator melaporkan bahwa benar kebocoran berasal dari TGA 5 ke Chief Production, dan Chief langsung memerintahkan operator plant untuk mematikan sumur TGA 5 dengan menutup wing valve. Chief Production meneruskan laporan ke Supervisor.

Kemudian dilakukan penyesuaian Gas Rate dan menghubungi pelanggan. Chief and Supervisor Produksi melakukan komunikasi dengan buyer untuk penyesuaian distribusi gas.

Pipa-Gas-Bocor-b.jpg

Jumat sore pukul 14.50 WIB Minarak Brantas Gas melakukan penanganan crude yang ada di sungai. Chief dan Supervisor meminta operator melakukan pembersihan crude atau minyak yang keluar dari kebocoran pipa di sungai.

"Minarak Brantas Gas dengan sigap mengatasi kebocoran pipa gas ini, dan kebocoran gas sudah dapat diatasi dengan baik sejak Jumat sore. Minarak Brantas Gas akan terus memastikan keamanan di setiap lokasi sumur migas yang dimiliki oleh Minarak Brantas Gas," papar Arief, Sabtu (11/7/2020). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES