Peristiwa Daerah

PHBI Banjarnegara Tidak Selenggarakan Shalat Idul Adha di Alun-alun

Sabtu, 11 Juli 2020 - 10:49 | 54.16k
Sekda Banjarnegara Drs Indarto MSi.(FOTO : Kominfo- kaffe dan karaoke.
Sekda Banjarnegara Drs Indarto MSi.(FOTO : Kominfo- kaffe dan karaoke.

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARAKabupaten Banjarnegara Jawa Tengah masih masuk zona merah sehingga Panitia Hari Besar Islam (PHBI) tdak melaksanakan shalat Idul Adha di Alun-alun Banjarnegara tahun ini.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara Drs Indarto, MSi saat memimpin rapat koordinasi persiapan pelaksanaan ibadah Idul Adha Tahun 2020 M / 1441 H di Ruang Rapat Karya Praja Setda, Jumat (10/7/2020)

PHBI juga memutuskan untuk tidak menyelenggarakan takbir keliling tahun ini. Selain itu, PHBI juga akan menyusun dan mencetak naskah khutbah Idul Adha dengan tema menyesuaikan kondisi pandemi covid-19 yang akan disebarkan ke masjid-masjid melalui Kecamatan.

"Jadi peniadaan penyelenggaraan takbir keliling dan shalat Idul Adha di Alun-alun Banjarnegara guna menghindari kerumunan warga dan mencegah penyebaran corona virus atau Covid-19," kata Indarto

.Sedang pelaksanaan shalat Idul Adha di masjid kecamatan tetap menggunakan protokol Kesehatan tetap menjadi hal utama dalam pelaksanaan shalat Idul Adha.

Pemkab melalui PHBI akan mengirim Surat Edaran Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha Dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H/ 2020 M Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

Juga Surat Edaran Kementerian Pertanian Direktorat Jendral Perternakan Dan Kesehatan Hewan Nomor : 0008/SE/PK.320/F/06/2020   Tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban Dalam Situasi Wabah Bencana Nonalam Covid-19.

"Pelaksanaan shalat Idul Adha di seluruh Kabupaten Banjarnegara dipersilakan sesuai protokol kesehatan, memperhatikan surat dari kementerian agama," jelas sekda.

Sekda Indarto mengingatkan kepada takmir masjid dan panitia peringatan Hari Raya Idul Adha 1441 H di Kabupaten Banjarnegara untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam pelaksanaan shalat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Kurban. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES