Peristiwa Daerah

UGM - New Zealand Salurkan Bantuan APD ke Fasilitas Kesehatan di Yogyakarta

Sabtu, 11 Juli 2020 - 10:10 | 25.07k
Tim DERU UGM ketika memberikan bantuan APD untuk tenaga kesehatan di Puskesmas Mlati I, Sleman, Yogyakarta (FOTO: Humas UGM for TIMES Indonesia)
Tim DERU UGM ketika memberikan bantuan APD untuk tenaga kesehatan di Puskesmas Mlati I, Sleman, Yogyakarta (FOTO: Humas UGM for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAUGM melalui Disaster Response Unit UGM (DERU UGM) berkerja sama dengan New Zealand Ministry of Foreign Affairs and Trade dalam rangka upaya tanggap darurat menghadapi wabah Covid-19, mulai awal Juni telah membantu menyalurkan alat perlindungan diri (APD), termasuk di Yogyakarta.

Bantuan yang diberikan berupa coverall protective suit, kacamata goggles, face shield, headcap, surgical gown kit, surgical mask, N95 mask, shoes cover serta hand sanitizer dan disinfektan ke fasilitas-fasilitas kesehatan yang membutuhkan.

Hal ini sebagai upaya untuk mendukung dan memfasilitasi para tenaga medis yang telah berjuang untuk memerangi Covid-19. Penyaluran APD ini juga bertujuan untuk membantu fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada di daerah-daerah yang belum mampu memenuhi perlengkapan APD untuk keamanan tenaga medis.

DERU UGM dengan New Zealand Ministry of Foreign Affairs and Trade merencanakan penyaluran APD meliputi daerah Yogyakarta dan sekitarnya, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, hingga Indonesia bagian timur. Salah satunya adalah Puskesmas Mlati I di Sleman.

Penyaluran APD dilakukan pada Kamis (9/7/2020) yang diwakili Prof Ir Irfan Dwidya Prijambada, MEng, PhD, Direktur Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)UGM. Irfan menyatakan Puskesmas Mlati I dipilih karena lokasinya yang cukup dekat dengan UGM.

Selama ini pihaknya telah menyalurkan banyak bantuan, baik APD maupun peralatan lainnya, ke berbagai daerah untuk menunjang penanggulangan Covid-19.

"Namun, puskesmas ini terlewat padahal merupakan tetangga dekat. Oleh karenanya untuk kesempatan kali ini kami ingin memastikan tetangga terdekat mendapat bantuan terlebih dahulu," ungkap Irfan dalam keterangan rilis yang diterima TIMES Indonesia, Jumat (10/7/2020)

Irfan berharap ke depannya penyaluran APD semacam ini dapat menyeluruh ke wilayah Indonesia untuk membantu fasilitas kesehatan yang kesulitan dalam mendapatkan APD. Hal itu agar setiap fasilitas kesehatan serta tenaga medisnya pun siap melaksanakan pekerjaanya sesuai dengan protokol dan SOP yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Mlati I, dr. Ernawati, mengungkapkan rasa terimakasihnya atas bantuan ini. Menurutnya, bantuan ini bukan yang pertama diberikan ke Puskesmas. Sebelumnya sudah ada bantuan dari UGM, tetapi tidak selengkap kali ini yakni hanya hand sanitizer.

Erna menyatakan bantuan ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Puskesmas Mlati I untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap pasien.

"Kami memang sangat memerlukan perlengkapan APD ini. Hal itu agar para pasien serta tenaga kesehatan merasa aman ketika berada di sini. Oleh karena itu, saya sungguh mengapresiasi upaya dari UGM ini," ujanya.

"Penyaluran APD melalui DERU UGM dengan New Zealand ini masih akan terus dilakukan ke fasilitas kesehatan yang ada di daerah-daerah hingga pandemi Covid-19 telah dinyatakan berakhir," kata Direktur PkM UGM, Irfan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES