Peristiwa Daerah

Semangat Pemuda di Pamekasan Bantu Pengobatan dan Cek Kesehatan Gratis

Kamis, 09 Juli 2020 - 22:07 | 37.14k
GAMPOJA saat menggelar pengobatan dan tes kesehatan gratis, ke sejumlah warga di Dusun Taretah, Desa Ponjanan Barat Kecamatan Batumarmar Pamekasan. (Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)
GAMPOJA saat menggelar pengobatan dan tes kesehatan gratis, ke sejumlah warga di Dusun Taretah, Desa Ponjanan Barat Kecamatan Batumarmar Pamekasan. (Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAMEKASAN – Sejumlah pemuda di Pamekasan, yang tergabung dalam Gabungan Anak Muda Ponjanan (GAMPOJA), selalu punya cara untuk melakukan aksi sosial.

Kali ini, GAMPOJA menggelar pengobatan dan tes kesehatan gratis, ke sejumlah warga di Dusun Taretah, Desa Ponjanan Barat Kecamatan Batumarmar Pamekasan, Kamis (9/7/2020).

Baksos yang dipusatkan di rumah ketua umum GAMPOJA tersebut, merupakan hasil kolaborasi dengan Puskemas Batumarmar yang melibatkan dokter, perawat dan sejumlah tim dari Puskesmas.

Ketua Umum GAMPOJA, M Rony Syamsuri mengatakan, Baksos kali ini dilakukan pengecekan penyakit tidak menular. Serta pemeriksaa lab darah dasar, misalnya cek kolestrol, asam urat, dan kencing manis. 

"Dalam kesempatan ini, warga juga diedukasi cara mencuci tangan dengan baik dan benar, oleh tim dari puskesmas. Serta disosialisasikan protokol pencegahan Covid-19," katanya.

Dijelaskannya juga, kegiatan ini merupakan bukti nyata, bahwa  pemuda harus punya peran penting dalam kehidupan sosial. Khususnya warga ada di sekitarnya. 

Memang kata dia, diperlukan koordinasi yang baik dengan puskesmas. Hal ini demi meningkatkan kesehatan masyarakat. Apalagi di tengah pandemi ini.

"Semoga bisa menjadi contoh positif bagi pemuda di desa-desa lain, bahwa pemuda itu harus punya peran penting dalam masyarakat. Semoga gerakan kami lebih besar lagi. Bisa berafiliasi bersama pemuda-pemuda dari desa lain sehingga lebih masif,” harapnya.

Kegiatan ini, disambut baik warga Ponjanan. Seperti diakui Sunarti. Dia sangat mengapresiasi bakti sosial yang digagas anak muda di desa tersebut.

"Kami sangat terbantu dengan Baksos kesehatan ini. Sehingga kami tak perlu lagi ke puskesmas dan tak perlu mengeluarkan biaya. Saya mewakili warga sangat berterimakasih," ucapnya.

Informasi dihimpun, kegiatan ini dalam rangka memperingati Milad ke-12 GAMPOJA. Ada  beberapa kegiatan. Diantara pemeriksaan dan pengobatan gratis, diskusi online dengan tema 'Peran Pemuda dalam Meyikapi Kebutaan Masyarakat Terhadap Covid 19', dan seremonial.

Perlu diketahui, Gabungan Anak Muda Ponjanan (GAMPOJA), merupakan komunitas yang digagas oleh pemuda di Desa Ponjanan. Wadah ini dibentuk, sebagai upaya optimalisasi peran pemuda Pamekasan di desa. Adapun anggotanya terdiri dari berbagai kalangan. Mulai dari mahasiswa, pelajar, praktisi, guru,dan berbagai kalangan lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES