Peristiwa Daerah

Angkat Tingkat Kesadaran Warga, Dinsos Sumsel Lakukan Pemetaan KPN di Pagaralam

Kamis, 09 Juli 2020 - 19:52 | 36.69k
Keluarga besar BEKISA Foundation penuh antusias mengikuti jalannya giat kampanye sosial hidup 100% yang diadakan Dinsos Provinsi Sumsel. (Foto: Asnadi/ TIMES Indonesia)
Keluarga besar BEKISA Foundation penuh antusias mengikuti jalannya giat kampanye sosial hidup 100% yang diadakan Dinsos Provinsi Sumsel. (Foto: Asnadi/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan (Dinsos Sumsel) menyambangi Kota Pagaralam, dengan mendatangi Kantor Dinsos Kota Pagaralam. Kunjungan ini dalam rangka melakukan kampanye sosial dan pemetaan Korban Penyalahguna Napza (KPN).

"Karena memang Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Dinsos, belum ada korban napza ini yang by name by address, sehingga kita kesulitan untuk itu," ujar Kabid Resos Dinsos Provinsi Sumsel Leni Triana. Kamis (9/7)

Beranjak dari hal tersebut, pihaknya melakukan pemetaan KPN, serta kampanye sosial dan mensosialisasikan apa itu korban napza. Setelah melakukan pemetaan di Pagaralam, akan dilanjutkan lagi ke Musi Rawas, Muratara dan Musi Banyuasin.

"Untuk di Pagaralam sendiri, berdasarkan hasil pemetaan KPN yang kita lakukan, dengan berkoordinasi bersama Dinsos Kota Pagaralam dan IPWL BEKISA Founfation. Setidaknya, ada 60 rawat jalan dan 38 rawat inap," serunya.

Dari jumlah yang ada ini, sambung Leni, pihaknya menilai tingkat kesadaran dari KPN, yang ingin bisa segera pulih tergolong cukup tinggi, karena untuk pengguna penyalahguna Napza itu, seperti abu-abu tidak diketahui berapa jumlah angkanya, warnanya secara pasti. 

Lebih jauh dikatakan Leni, tujuan lain giat kunjungan yang dilakukan, ingin membuka mindset masyarakat yang masih menutupi masalah ini, baik keluarga, saudara maupun sanak famili, yang punya riwayat pecandu dan hingga kini masih menggunakan, alangkah lebih baiknya bisa melaporkan ini ke IPWL.

"Kita berharap dengan adanya pemetaan KPN, kedepan masyarakat semakin sadar, bahwa kita ada tempat rehab, sehingga KPN bisa pulih dan tidak melakukan ataupun mengulangi itu lagi," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kota Pagaralam Herawadi SSos melalui Sekretaris Alkodri SPd MM mengakui, pihaknya menyambut baik kunjungan petugas Dinsos Provinsi Sumsel, yang telah datang ke Pagaralam dan melakukan pemetaan terhadap KPN.  

Terpisah, Ketua BEKISA Foundation Kota Pagaralam, Bayu Pohan menyatakan, jika pihaknya sangat senang dan berterimakasih sekali atas kunjungan serta giat kampanye sosial yang diadakan oleh Dinsos Provinsi Sumsel, dengan memberikan arahan maupun motivasi secara langsung ke para klien di BEKISA ini.

"Kita tentu sangat menyambut baik akan giat kampanye sosial yang diadakan Dinsos Sumsel. Harapannya, para klien yang menjalani proses pemulihan di IPWL BEKISA Foundation Kota Pagaralam, bisa mengambil pelajaran penting dari narasumber yang telah memberikan materi dan ilmu secara baik," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES