Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Duh, 1.262 Kasus Positif Covid-19 Ditemukan di Secapa TNI AD

Kamis, 09 Juli 2020 - 18:49 | 48.37k
Secapa TNI AD jadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Jabar. (Foto: bisnis.com)
Secapa TNI AD jadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Jabar. (Foto: bisnis.com)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lonjakan kasus positif Covid-19 terjadi lagi, kali ini ditemukan sebanyak 1.262 kasus positif virus Corona di  Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa TNI AD) di Kota Bandung, Jawa Barat.

Temuan kasus tersebut diungkapkan oleh Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. 

"Penambahan yang cukup banyak untuk Provinsi Jawa Barat didapatkan dari klaster yang sudah selesai kita lakukan penyelidikan epidemiologi sejak 29 Juni, yaitu klaster di Secapa TNI AD. Total, di sini [positif] 1.262 orang," kata Yurianto dalam keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Dari jumlah yang cukup besar tersebut, Yurianto mengungkapkan bahwa hanya ada 17 orang yang harus dirawat di rumah sakit karena mengalami keluhan demam dan batuk-batuk. 

“Sisanya 1.245 orang tanpa keluhan apapun dan saat ini semuanya kita karantina di wilayah pendidikan Secapa Bandung. Seluruh komplek Secapa kita lakukan isolasi dan karantina," sambungnya.

Berada di lingkup TNI AD, proses karantina dilakukan secara ketat dan dalam selalu dalam pengawasan serta menutup akses keluar masuk area Secapa. 

Pemantauan sendiri langsung diawasi oleh bagian kesehatan Kodam III/Siliwangi, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dan Dinas Kesehatan Kota Bandung.

"Oleh karena itu kami memastikan bahwa tidak akan terjadi penularan keluar kompleks, karena kita menjaga ketat. Agar betul-betul pelaksanaan karantina kewilayahaan bisa dijalankan secara maksimal," ujarnya.

Sejauh ini kasus di Jawa Barat memang terjadi ledakan. Dilaporkan ada lonjakan 10 kali lipat dari jumlah sebelumnya. Salah satunya Secapa TNI AD jadi kluster terbaru. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES