Pendidikan

Selama UTBK, UB Perketat Protokol Kesehatan Covid-19

Kamis, 09 Juli 2020 - 18:19 | 65.72k
Peserta UTBK UB mencuci tangan sesuai protokol kesehatan Covid-19. (Foto: Humas UB)
Peserta UTBK UB mencuci tangan sesuai protokol kesehatan Covid-19. (Foto: Humas UB)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Brawijaya (UB) Malang memperketat protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus terutama saat pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020.

Seperti yang dilakukan Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya. Pihaknya menyiapkan sejumlah protokol untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

Kepala Tata Usaha (KTU) sekaligus Penanggung Jawab Lokasi (PJL) UTBK Filkom, Dyah Anggraeni, menyampaikan bahwa Filkom sejak awal telah melakukan berbagai upaya persiapan menyongsong UTBK 2020.

UTBK-UB-a.jpg

Beberapa upaya yang dilakukan adalah antara lain memasang bilik disinfektan, memasang 12 wastafel di sekitar gedung G dan F yang menjadi tempat transit dan pelaksanaan UTBK serta pengaturan posisi kursi di ruang transit dan ruang ujian yang sudah dibuat berjarak sesuai protokol kesehatan.

Selain itu ruang transit juga diatur sedemikian rupa agar tetap nyaman bagi peserta dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Ruang ujian juga dilengkapi sarana komputer yang memadai.

Adapun bentuk optimalisasinya dilakukan dengan memperketat penerapan protokol kesehatan pada peserta UTBK. Peserta yang baru datang disterilkan dengan menggunakan bilik disinfektan, kemudian diukur suhunya dengan thermo gun dan kemudian diwajibkan cuci tangan.

Setelah itu peserta mengambil map untuk tempat kelengkapan berkas dan lanjut menunggu di ruang transit yang penempatan kursinya sudah diatur berjarak 1,5 meter antarpeserta.

Menjelang ujian dimulai, peserta dipanggil untuk membasuh tangan dengan hand sanitizer kemudian diijinkan memasuki ruang ujian secara bertahap, yaitu sepuluh orang setiap tahapnya.

Tas dan barang pribadi milik peserta ditinggal di masing-masing bangku peserta di ruang transit sehingga tidak saling bersinggungan dengan barang milik peserta lain. Barang-barang peserta dipastikan aman karena dijaga oleh staf keamanan yang bertugas.

Dalam ruang pelaksanaan ujian, protokol kesehatan juga tetap diterapkan. Peserta diberikan sarung tangan plastik untuk digunakan selama pelaksanaan ujian agar tidak kontak dengan sarana prasarana. Kemudian juga diberlakukan physical distancing dengan memberi jarak antar peserta dalam penggunaan komputer.

Usai ujian pun segala sarana dan prasarana yang ada disterilkan kembali dengan melakukan penyemperotan disinfektan.

Optimalisasi pencegahan penyebaran Covid-19 pada pelaksanaan UTBK 2020 di Filkom UB ini akan dilakukan dengan konsisten hingga akhir masa UTBK 15 Juli 2020 mendatang. Harapannya dengan optimalisasi penerapan protokol kesehatan ini kegiatan UTBK dapat terlaksana dengan baik, lancar dan aman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES