Peristiwa Daerah

Cegah Karhutla di Majalengka, Kapolda Jabar Luncurkan Aplikasi E-PMR

Kamis, 09 Juli 2020 - 18:28 | 23.40k
Kapolda Jabar, Irjen Pol Rudy Sufahriadi, melaunching aplikasi pencegahan Karhutla E-PMR. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Kapolda Jabar, Irjen Pol Rudy Sufahriadi, melaunching aplikasi pencegahan Karhutla E-PMR. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKAKapolda Jabar, Irjen Pol Rudy Sufahriadi bersama Kasdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, menghadiri peluncuran aplikasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) berbasis IT dengan nama Elektronik Polres Majalengka Raharja (E-PMR), Kamis (9/7/2020).

Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso menjelaskan, aplikasi pencegahan Karhutla berbasis IT tersebut, bisa diunduh langsung di Google PlaysStore dengan nama E-PMR.Kapolda Jabar

Rudy-Sufahriadi-2.jpg

"Di dalam fitur E-PMR ini, kita mengkolaborasikan antara baik TNI, Polri, BPBD, TNGC, Damkar, Lavan dan BMKG, sehingga kita bisa bersama-sama mengantisipasi Karhutla," ungkap Kapolres Bismo.

Kapolres memaparkan, aplikasi ini bisa digunakan dengan cara, baik oleh masyarakat, personel TNI, Polri dan pemerintah, jika mendapati maupun melihat atau laporan potensi Karhutla, maka bisa melaporkan langsung melalui aplikasi tersebut.

Rudy-Sufahriadi-3.jpg

"Karena, aplikasi ini bisa terhubung langsung dengan GPS, sehingga, nantinya tim operator kami, bisa memerintahkan atau pun mengintruksikan langsung yang terdekat dengan lokasi untuk dilakukan penanganan Karhutla tersebut," Ucapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan membikin jaringan komunikasi yang nantinya backup apa saja yang harus diterjunkan. Sehingga, potensi-potensi kerawanan bisa diminimalisir sidini mungkin.

"Ya, kemarin kita sudah menggelar simulasi Karhutla bersama Tiga pilar. Sehingga, dengan adanya sarana-prasara yang memadai dan juga dibantu dengan pencegahan Karhutla berbasis IT ini (E-PMR), diharapkan para pejuang-pejuang kita dapat mencegah Karhutla sedini mungkin di Majalengka," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES