Ekonomi

Panen Perdana, Kelompok Budidaya Udang Vaname di Kabupaten Cirebon Ini Hasilkan 1 Ton

Kamis, 09 Juli 2020 - 18:04 | 60.59k
Hasil panen dari Kelompok Budidaya Udang Vaname Segara Biru. (FOTO: Humas Cirebon Power for TIMES Indonesia)
Hasil panen dari Kelompok Budidaya Udang Vaname Segara Biru. (FOTO: Humas Cirebon Power for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBONKelompok Budidaya Udang Vaname Segara Biru di Desa Citemu Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, boleh berbahagia. Di panen perdananya, diperkirakan berjumlah sekitar satu ton.

Menurut Ketua Kelompok Buddidaya Udang Vaname Segara Biru, Toangga, kelompok budidaya ini sempat mengalami perjalanan panjang dalam memanen udang. Mereka bahkan sempat mengalami kegagalan.

"Bukan hal yang mudah untuk bisa mencapai keberhasilan ini. Dan Alhamdulillah, sekarang bisa panen. Senang sekali," jelasnya, Kamis (9/7/2020).

Toangga menjelaskan, dengan memanfaatkan tambak seluas 50 x 12 meter yang berlokasi tak jauh dari pembangkit Cirebon Power, Angga bersama sejumlah anggota lainnya membudidayakan benur udang vaname sebanyak 70 ribu benih.

Setelah dibudidaya selama tiga bulan, lanjutnya, hasil tambak tersebut akhirnya bisa berhasil dipanen. Udang hasil panennya pun langsung dipesan oleh pedagang.

"Langsung dipesan oleh pedagang dari Indramayu. Udangnya langsung diangkut setelah panen. Hasil panennya sekitar satu ton," jelasnya.

Toangga mengakui, keberhasilan budidaya ini salah satunya berkat andil dan dukungan dari Cirebon Power. Menurutnya, kelompok budidaya tersebut adalah binaan Cirebon Power, sehingga mereka sangat maksimal dalam memberikan dukungan kepada kelompoknya. Baik itu dari segi fasilitas, maupun memberikan pendampingan kepada tim ahli.

"Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Cirbeon Power, atas bantuan dan dukungannya selama ini," jelasnya.

Sementata menurut Senior Corporate Affairs Manager Cirebon Power, Yusuf Arianto, dia mengaku ikut bangga dengan berhasilnya panen budidaya udang vaname ini. Pihaknya memang memiliki program, untuk mengembangkan mata pencaharian masyarakat. Salah satunya, adalah dukungan terhadap budidaya udang vaname.

Dukungan yang diberikan, lanjutnya, salah satunya adalah pembiayaan dan pinjaman dana bergulir. Dana bergulir ini ketika sudah dibayarkan, maka akan kembali digunakan untuk mendukung kegiatan ini kembali.

Dia berharap Kelompok Budidaya Udang Vaname Segara Biru ini berkembang dan mampu  menambah jumlah tambak yang digunakan. "Dan juga, kelompok ini nantinya bisa berbagi pengalaman kepada masyarakat lainnya," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Cirebon

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES