Peristiwa Daerah

Khoirul Huda, Kades Tegalsari Ponorogo Getol Ajak Ibu-ibu Tanam Sayuran

Kamis, 09 Juli 2020 - 17:26 | 73.17k
Khoirul Huda, Kades Tegalsari Ponorogo mengajak ibu-ibu menanam sayuran di pekarangan rumah untuk program ketahanan dapur. (Foto: Dok. Pribadi for TIMES Indonesia)
Khoirul Huda, Kades Tegalsari Ponorogo mengajak ibu-ibu menanam sayuran di pekarangan rumah untuk program ketahanan dapur. (Foto: Dok. Pribadi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGOKades Tegalsari, Kecamatan Jetis, Ponorogo, Khoirul Huda membuat terobosan kreatif di masa pandemi Covid-19. Dia mengajak warganya untuk menanam sayur mayur, buah buahan dan budidaya ikan lele dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk ketahanan dapur.

Pria berusia 44 tahun, yang pernah menjabat Ketua Ranting GP Ansor Tegalsari ini menjelaskan, Program Ketahanan Dapur ini sudah dilaunching bupati Ponorogo pada 30 Juni 2020 lalu, sangat stratgis sebagai bentuk ketahanan pangan keluarga. "Jenis tanaman yang ditanam di antaranya terong, sawi, cabai, brokoli, bayam, buah kelengkeng, belimbing dan jambu. Tanaman itu ditanam di media polibag. Sedangkan budidaya lele memakai kolam terpal ukuran diameter 1 meter berkonstuksi kawat bantuan dari Pemkab Ponorogo," katanya kepada TIMES Indonesia, Kamis (9/7/2020).

Suami Nurul Janah ini menambahkan, program ketahanan dapur dengan memanfaatkan pekarangan rumah oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) “Besari Lestari” dan difasilitasi pemdes akan terus akan dikembangkan pada setiap dukuh di Tegalsari.

Tanam-Sayuran.jpg

Ririn Mutamimah, anggota Kelompok Tani Wanita Tegalsari menjelaskan, program ketahanan dapur sangat menginspirasi bagi warga khususnya ibu-ibu agar tidak pusing memikirkan kebutuhan sehari-hari. "Dengan tersediannya berbagai jenis sayuran di pekarangan, tinggal petik dan sudah siap dimasak, kan memudahkan, nggak pusing lagi harus beli," ungkapnya sambil tersenyum.

Program ini sementara diuji coba di rumah-rumah sekitaran makam Tegalsari. Ke depan, ditargetkan semua rumah menanam sayur-sayuran, buah, serta budidaya lele untuk mengangkat perekonomian masyarakat agar tercipta desa yang gemah ripah loh jinawi. Selain itu juga memadukan antara desa religi dan agrowisata agar menarik wisatawan yang datang berziarah bisa sambil melihat aneka tanaman di rumah-rumah warga.

Tanam-Sayuran-a.jpg

"Ke depan kami akan terus mengembangkan program ketahanan dapur ini kepada seluruh warga agar dalam kondisi apapun tetap aman bahan pangannya dan dapur tetap mengepul," kata Kades Tegalsari, Ponorogo, Khoirul Huda saat menjelaskan konsep ketahanan dapur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES