Ekonomi

Dra Hj Dewanti Pertahankan Sistem Pajak Online

Kamis, 09 Juli 2020 - 17:06 | 22.22k
Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi menyatakan akan mempertahankan sistem pembayaran pajak secara online. (FOTO: Diskominfo for TIMES Indonesia)
Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi menyatakan akan mempertahankan sistem pembayaran pajak secara online. (FOTO: Diskominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi mengatakan perlunya mempertahankan dan meningkatkan sistem aplikasi pajak online sebagai upaya peningkatan PAD ke depan yang lebih signifikan. 

Hal ini melihat pencapaian penerimaan pajak daerah tahun 2019 yang mencapai 122,94 persen dari target. Tahun itu, penerimaan pajak daerah ditetapkan sebesar Rp 130 miliar lebih, realisasi perolehan tahun itu sebesar Rp 160 miliar atau melebihi target yang ditetapkan. 

Pemkot Batu terus berkomitmen meningkatkan validasi dan perolehan dengan memperbaiki sistem informasi, intensitas perbaikan melalui Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP).

Pemkot-Batu-c.jpg

Hal itu dikemukakan Wali kota saat Rapat Paripurna DPRD Kota Batu dengan Penyampaian Jawaban Wali Kota Atas Pandangan Umum Fraksi Fraksi atas Penyampaian Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Batu tahun anggaran 2019, Kamis (9/7/2020). 

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Asmadi ini dilaksanakan secara online dari Gedung DPRD Kota Batu.  Sementara itu, Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko didampingi oleh Wakil Wali Kota Batu Ir. H. Punjul Santoso bersama Sekda Batu Drs. Zadim Effisiensi dan Beberapa Kepala SKPD diruang rapat utama lt.5, Balaikota Among Tani, Kota Batu. 

Dewanti mengatakan bahwa penyusunan raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2019, disusun berpedoman pada peraturan Pemerintah nomor 71 tahun 2010 tentang standar akuntasi Pemerintah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 64 tahun 2013 tentang Penerapan standar akuntasi Pemerintah berbasis akrual pada Pemerintah Daerah, serta telah mendasarkan pada hasil audit BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Wakil-Walikota-Batu-Punjul.jpg

Jawaban Wali kota ini merupakan upaya untuk menyamakan persepsi antara Pemerintah Kota dan DPRD serta untuk  untuk merumuskan pertanggungjawaban APBD yang akuntabel dan kredibel. 

Wali Kota Dra Hj Dewanti Rumpoko menjawab 14 masukan dari fraksi-fraksi dan menjawab hal-hal pokok atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kota Batu. Semua catatan dan saran  tersebut, menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Daerah untuk diprioritaskan dan ditindaklanjuti melalui program dan kegiatan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan VISI Pembangunan Kota Batu Tahun 2017-2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES