Peristiwa Daerah

Pandemi Covid-19, Gerakan Bersih-bersih Lingkungan di Gresik Terus Digelorakan

Kamis, 09 Juli 2020 - 16:40 | 41.27k
Bersih-bersih lingkungan (Foto: Dokumen Kades Kalirejo for TIMES Indonesia).
Bersih-bersih lingkungan (Foto: Dokumen Kades Kalirejo for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Di tengah pandemi Covid-19, Forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur bersama stakeholder serta masyarakat membersihkan lingkungan di Desa Kalirejo, Kamis (9/7/2020) siang.

Dipimpin Camat Dukun Fattah Hadi bersama unsur TNI- Polri serta masyarakat ikut serta membersihkan sampah. Tak membutuhkan waktu lama, sampah yang sebelumya menumpuk di bantaran Sungai Bengawan Solo tampak bersih dan asri.

"Ini untuk menjaga kebersihan lingkungan, apalagi sekarang lagi terjadi pandemi Covid-19. Dimungkinkan sampah merupakan salah satu sumber kuman," katanya.

Camat Fattah mengungkapkan, kegiatan ini merupakan upaya mengantisipasi terjangkit virus Corona atau Covid-19, perlu untuk menjaga kebersihan terutama lingkungan dan kebersihan diri. 

Untuk itu, Fattah mengajak seluruh warga agar bersama melakukan pembersihan lingkungan. "Apalagi di tengah pandemi ini, dan masuk musim hujan. Kami juga menyosialisasikan pencegahan Covid-19 harus masif," tambah dia. 

Sementara itu Kades Kalirejo Syaiful Arif menambahkan, aksi yang dilakukan ini untuk mengajak warga sekitar agar menjaga lingkungan. Apalagi, lokasi pembuangan sampah berada tepat di sebelah pasar.

Syaiful mengungkapkan awalnya ia berinisiatif kerja bakti agar lingkungan bersih. Aksi itu pun didukung oleh Muspika setempat serta tetangga desa, yakni Pemdes Sembungankidul.

"Ini upaya pembersihan sampah di sekitar pasar biar kelihatan tidak kumuh, sedang tenaga melibatkan desa sekitar pasar," ungkap dia.

Setelah dibersihkan, ia berharap ke depan program seperti ini terus berjalan. Hal ini agar masyarakat juga ikut serta menjaga lingkungan sekitar, minimal tidak membuang sampah sembarangan.

"Kegiatan ini juga didukung seluruh warga. Semoga saja, aksi ini membuat sadar masyarakat dengan tidak membuang sampah sembarangan," terangnya. Sementara aksi bersih-bersih lingkungan di tengah pandemi Covid-19 terus digelorakan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES