Peristiwa Daerah

Gelar Panen Raya Ikan, Polda Jateng Dukung Ekonomi Nasional

Kamis, 09 Juli 2020 - 17:57 | 24.32k
Kapolda Jateng sedang memanen dan menabur benih ikan di kolam milik Ditpolair Semarang Utara. (FOTO Humas Polda)
Kapolda Jateng sedang memanen dan menabur benih ikan di kolam milik Ditpolair Semarang Utara. (FOTO Humas Polda)

TIMESINDONESIA, SEMARANGPolda Jateng melaksanakan panen raya budidaya berbagai jenis ikan dan udang di kolam yang terdapat di samping Mako Ditpolairud Tanjung Emas Semarang Utara pada Kamis (9/7/2020).

Dalam panen raya yang merupakan instruksi dari Presiden Joko Widodo ini, Polda Jateng berhasil memanen 5,4 ton ikan dan udang. Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfi menjelaskan giat ini dilakukan dalam rangka Polri mendukung Ekonomi Nasional.

Panen-Raya-Ikan-2.jpg

"Bapak Kapolri telah menetapkan kita untuk membuat ketahanan pangan khususnya sektor peternakan dan perikanan. Hari ini telah kita panen dari luas tanah 7.500 m2 hampir 5,4 ton, di mana penanaman ini dari Ditpolairud Polda Jateng yang hasil panennya dikelola masyarakat sekitar. Adapun untuk benih diberikan oleh dinas terkait," ucapnya.

Adapun rincian ikan dan udang hasil budidaya Ditpolairud Polda Jawa Tengah yang dipanen pagi ini, yang pertama adalah ikan nila yang ditebar pada 21 Februari lalu sebanyak 25.000 benih, luas kolam mencapai 7.200 m2 dan hasil panen mencapai 800 Kg.

Disusul yang kedua, panen udang Vaname yang ditebar pada 9 Maret sebanyak 100.000 ekor, luas kolam 2m x 4m dan hasil panen mencapai 100 Kg. Ketiga, panen ikan kerapu yang ditebar pada 6 Maret sebanyak 200 ekor, luas kolam 2m x 4m dan hasil panen mencapai 100 Kg.

Panen raya yang keempat adalah jenis ikan bandeng, dengan lahan milik Bapak Maskuri Kecamatan Sayung. Ditebar pada Januari lalu sebanyak 200.000 ekor, luas kolam mencapai 1,6 Ha dan hasil panen ikan bandeng ini mencapai 1.900 Kg.

Juga ada panen ikan lele yang ditebar pada 6 Maret sebanyak 10.000 ekor, luas kolam 2m x 4m dan hasil panen mencapai 1.700 Kg.

Di lokasi yang berbeda Ditpolairud Polda Jawa Tengah juga memanen ikan lele di lahan milik Bapak Sumarno Desa Tugurejo. Ditebar pada  25 Februari sebanyak 5.000 ekor, luas kolam 8m x 15 m. Hasil panen ikan lele ini mencapai 500 Kg.

Panen-Raya-Ikan-3.jpg

Lokasi budidaya ikan lele yang siap panen selanjutnya berada di Desa Arum Jaya dengan lahan milik Bapak Kohari. Ditebar pada  27 Februari kemarin sebanyak 3.500 ekor, luas kolam mencapai 6 x 4 m. Hasil panen ikan lele ini mencapai 300 Kg.

Lurah Bandarharjo, Emi Setiana Estu Handayani mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Jateng bahwa selama ini telah memberikan berbagai bantuan mulai dari sembako, masker dan jaket untuk para nelayan agar berlayar menjadi selamat,

"Juga kami berterimakasih kepada Ditpolairud Polda Jateng yang telah melakukan penebaran benih ikan lele, nila dan bandeng. Kami mewakili masyarkat Bandarharjo dan Masyarakat Nelayan mengucapkan selamat Hari Bhayangkara yang ke -74 senoga Polri semakin dicintai masyarakat," ucapnya.

Ketahanan pangan di wilayah hukum Polda Jateng sendiri di antaranya meliputi bidang pertanian  dengan luas lahan mencapai 8.294.140 m dan terdapat 3.809.348 pohon berbagai jenis.

Selanjutnya bidang peternakan dengan luas lahan ternak mencapai 521.645 M dan terdapat  330.959 ekor berbagai jenis hewan ternak. Ada juga bidang padat karya terdapat 29 kolam ikan dengan  67.000 benih ikan lele dan nila.

Inisiatif inilah yang dipuji Pangdam IV Diponegoro  Mayjen TNI Bhakti Agus Fajari. Menurutnya, ide brilian ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan Polri untuk menginspirasi masyarakat.

"Ke depan persoalan pangan, energi, air akan menjadi perebutan bagi kita semua, bukan hanya masyarakat Indonesia tapi masyarakat dunia, maka jauh sebelumnya kita harus melakukan langkah antisipasi, contohnya budidaya Ikan ini." tutur Pangdam.

Kegiatan Panen Raya Polda Jateng ini dihadiri Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Bhakti Agus Fajari, Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abioso Seno Aji, Para PJU Polda Jateng, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Ceo Pelindo III Semarang Ali Sodikin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES