Pendidikan UIN Malang

UIN Malang Tembus 12 Inovasi Layanan Publik Terbaik Kemenag RI

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:06 | 83.17k
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dua inovasi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) berhasil mengantarkan kampus Ulul Albab ini menjadi 12 satker inovasi pelayanan publik terbaik 2020 Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Dua inovasi tersebut bernama Si Performa (Sistem Pelaporan, Informasi dan Realisasi Anggaran) dan Koin Mami Kelor UIN Malang untuk Imunitas Masa Pandemi.

Plt Sekjen Kemenag, Nizar, mengajak Satker di bawah Kemenag RI terus mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam memberikan pelayanan publik. Pihaknya berharap ke depan lebih banyak inovasi yang muncul dari satuan-satuan kerja Kemenag.

UIN-malang.jpg

"Apalagi saat ini kita tengah menghadapi pandemi. Mari mulai melakukan inovasi dan kreasi dengan thinking out of the box untuk bisa memberikan layanan publik yang lebih optimal, nyaman, dan aman bagi masyarakat," ajak Nizar.

Nizar menuturkan, inovasi sepatutnya menjadi hal yang harus dilakukan oleh seluruh ASN Kemenag. "Selain menjadi bagian reformasi birokrasi, inovasi juga merupakan salah satu dari Lima Nilai Budaya Kerja yang harus dijiwai oleh semua ASN Kementerian Agama," tuturnya.

Adapun 9 satuan kerja dengan 12 Inovasi Layanan Publik Terbaik di Kemenag tahun 2020, sebagai berikut:

  1. Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta dengan program inovasi: Si KETAN ARGA (Sistem Ketahanan Keluarga) di KUA Nanggulan: Dari Nanggulan untuk Indonesia, dan MAN de MOTEFA: Menciptakan Madrasah Technopreneur pada MAN 2 Kulon Progo.
  2. Kanwil Kemenag Jambi dengan program inovasi: MORA Smart Office, dan WFH Online Report.
  3. Kanwil Kemenag Lampung dengan program inovasi Zakat Profesi Kanwil.
  4. Kankemenag Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah dengan program inovasi Teman PNBP NR (Sistem Penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak dari Nikah Rujuk).
  5. Kankemenag Kota Denpasar dengan program inovasi RUMAH BINAR.
  6. IAIN Salatiga dengan program inovasi KUMIS AKI.
  7. IAIN Pare-pare dengan program inovasi Literasi Digital Pengembangan Teknopreneur Pengolahan Kopi Desa Latimojong.
  8. UIN Malang Jatim dengan program inovasi: Si Performa (Sistem Pelaporan, Informasi dan Realisasi Anggaran), dan Koin Mami Kelor UIN Malang untuk Imunitas Masa Pandemi.
  9. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dengan program inovasi Indexing MORAREF.

UIN Malang dengan dua inovasi ini semakin memantapkan diri memberikan pelayanan publik terbaik dengan inovasi dan kreativitas yang dikembangkan, dan pantas menjadi salah satu satker inovasi pelayanan publik terbaik 2020 Kemenag RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES