Peristiwa Daerah

Air Bendungan Desa Wewemo Mortim Meluap, Puluhan Rumah Tergenang

Kamis, 09 Juli 2020 - 13:20 | 36.49k
Suasana air meluap menggenangi rumah Warga Desa Wewemo Morotai Timur, foto diambil pada Kamis siang (9/7/2020) kondisi sudah mulai surut. (Foto: Abdul H Husain/TIMES Indonesia)
Suasana air meluap menggenangi rumah Warga Desa Wewemo Morotai Timur, foto diambil pada Kamis siang (9/7/2020) kondisi sudah mulai surut. (Foto: Abdul H Husain/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Tercatat kurang lebih 70 rumah warga RT 02, RT 03 dan sebagian RT 04 Desa Wewemo, Kecamatan Morotai Timur Kabupaten Pulau Morotai Maluku Utara terendam air setinggi lutut dan paha orang dewasa. Ini terjadi akibat hujan deras semalam sehingga meluapnya air bendungan.

Peristiwa tersebut disampaikan Warga Desa Wewemo Habib Bandari, kepada TIMES Indonesia melalui saluran telepon seluler, Kamis (9/7/2020).

Bendungan-Desa-Wewemo-2.jpg

"Terjadi hujan deras tadi subuh sekitar jam 03.00 WIT sampai jam 07.00 WIT pagi sehingga meluapnya air bendungan dan menggenangi sekitar 70 rumah di Desa Wewemo," ungkapnya.

Menurut Habib, saluran air di dalam desa adalah saluran tua dan terlalu kecil, demikian juga gorong gorong, sehingga tidak mampu menampung debit air pada ahirnya terjadi luapan dan menggenangi rumah warga.

Menurutnya, subuh tadi, warga terutama di RT02 dan RT03 sempat panik karena wilayah itu yang paling parah tergenang banjir. Karena air sudah meluas kedalam rumah sampai ke seluruh kamar, membuat sejumlah kursi tamu warga sempat hanyut.

"Banjirnya cukup mengkhawatirkan karena setinggi lutut dan paha orang dewasa sehingga warga memilih siaga dan tidak tidur sampai pagi," ujarnya.

Namun pada siang ini, kata Habib, genangan sudah lumayan surut, walaupun disejumlah titik masih ada genangan air. "Seperti di halaman rumah masih ada genangan air, didalam rumah sudah surut," jelasnya.

Habib bilang, sampai saat ini belum ada tinjauan dari pemerintah daerah terkait kondisi Desa Wewemo paska banjir. "Kami mohon Pemkab Morotai menseriusi hal ini, terutama Dinas PU, apakah buat perbaikan saluran air atau buat normalisasi sungai, sehingga peristiwa ini jangan terjadi lagi," pintanya.

Pantauan TIMES Indonesia terjadi luapan air sungai karena hujan lebat selain di Desa Wewemo juga terjadi di sekitar Desa Buho-Buho dan Desa Rahmat Kecamatan Morotai Timur.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Kabupaten Pulau Morotai, Abubakar Abdurajak, saat dikonfirmasi soal peristiwa alam tersebut mengatakan, tim dari Dinas PU segera meninjau lokasi yang terjadi banjir di beberapa Desa di Kecamatan Morotai Timur.

"Rencana hari ini, atau paling lambat besok pagi tim akan turun ke lokasi banjir di Wewemo, Boho-Buho dan Rahmat untuk memastikan apa penyebabnya sehingga terjadi luapan air ketika hujan deras. Setelah itu, baru PU menetapkan apa yang harus diperbaiki atau dikerjakan sehingga tidak terjadi banjir lagi ketika turun hujan deras," tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES