Pendidikan

Pemdes Sekapuk Gresik Sediakan Beasiswa Pendidikan Total 100 Juta

Kamis, 09 Juli 2020 - 07:45 | 35.25k
Sekdes Sekapuk Mudlor saat memberikan simbolis beasiswa untuk anak yatim-piatu (Foto: Dokumen Pemdes Sekapuk for TIMES Indonesia).
Sekdes Sekapuk Mudlor saat memberikan simbolis beasiswa untuk anak yatim-piatu (Foto: Dokumen Pemdes Sekapuk for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIKPemdes Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur menyediakan beasiswa pendidikan dengan total Rp 100 Juta yang bersumber dari Pendapatan Asli Desa (PADes).

Untuk mendapatkan beasiswa hingga sarjana syaratnya harus menghafal Alquran kemudian anak yatim-piatu akan dibiayai pendidikan 9 tahun, jenjang SD hingga SMA.

“Sedangkan untuk hufadz atau hafidzah, bebas ambil jurusan apapun. Tak terkecuali jurusan Fakultas Kedokteran. Ini akan membuat semangat anak-anak yang untuk menghafal Alquran,” ujar Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim, Kamis (9/7/2020).

Halim menjelaskan, pembiayaan pendidikan bagi anak yatim-piatu dan hufadz atau hafidzah ini akan diambilkan dari Pendapatan Asli Desa (PADes). Dengan nilai anggaran Rp 100 juta untuk tahun ajaran baru ini.

“Bahkan bila anggaran yang kita sediakan masih kurang, maka akan kita tambah lagi dari dana bansos BUMDes Sekapuk. Intinya kami tidak ingin ada kebodohan di desa kami. Terutama anak yatim-piatu,” tegasnya.

Langkah yang diambil pemdes ini memang bagus dan patut dicontoh, Sekapuk dulu jauh berbeda dengan Sekapuk yang sekarang. Di bawah kepemimpinan Kades Sekapuk Abdul Halim, IDM (Indeks Desa Membangun) melaju pesat. 

"Dari desa tertinggal, menjadi berkembang, naik lagi menjadi desa maju dan akhirnya menduduki prestasi puncak sebagai Desa Mandiri dari Kemendes PDTT, Alhamdulillah," ungkap Kades Halim, menambahkan.

Salah satu anak yatim-piatu yang mulai dibiayai oleh Pemdes Sekapuk antara lain, Dhia Nur Aufa Sukma atau yang akrab dipanggil Sukma. Pada tahun ajaran baru ini dia memasuki kelas 7 SMP dan memilih mondok di Ponpes Sunan Drajad Lamongan.

“Kami dari pihak keluarga merasa bersyukur atas kepedulian pemdes terhadap pendidikan cucu kami. Kebetulan ayahnya baru saja meninggal dunia,” ujar Mukinah, nenek dari ananda Sukma usai menerima beasiswa pendidikan dari Pemdes Sekapuk, Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES