Peristiwa Nasional

Kunjungi Lamongan, Menteri KKP Dorong Perkembangan Budidaya Kerapu

Rabu, 08 Juli 2020 - 23:30 | 57.08k
Menteri KKP, Edhy Prabowo (tengah), bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Lamongan, Fadeli, saat menebar benih ikan kerapu di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Lamongan, Rabu (8/7/2020). (FOTO: Humas Pemkab Lamongan)
Menteri KKP, Edhy Prabowo (tengah), bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Lamongan, Fadeli, saat menebar benih ikan kerapu di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Lamongan, Rabu (8/7/2020). (FOTO: Humas Pemkab Lamongan)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Lokasi budidaya ikan kerapu di Kabupaten Lamongan menjadi salah satu titik yang dikunjungi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Edhy Prabowo saat melakukan Kunjungan Kerja di Jawa Timur, Rabu (8/7/2020).

Edhy Prabowo mengatakan, kehadirannya di tambak kerapu di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong tersebut bertujuan untuk melihat secara langsung perkembangan budidaya ikan kerapu, sekaligus mendengar langsung aspirasi dari para pembudidaya ikan kerapu.

"Kami ingin lihat langsung apa yang jadi kendala," kata Edhy Prabowo, dalam sambutannya.

Menurut Edhy, apa yang dilakukannya itu menjadi bagian dari upaya mendorong perkembangan budidaya ikan kerapu.

"Saat ini pertumbuhan ekspor kerapu meningkat 5 persen, ini akan terus kita dorong," tuturnya.

Edhy juga menyebut bahwa ekspor ikan kerapu memiliki potensi besar dalam membantu memperbaiki perekonomian.

"Ini peluang besar, permintaan kerapu di dunia sangat tinggi, seperti Cina, Hongkong, Taiwan hingga Korea," ujar Edhy.

Dengan demikian, kata Edhy, segala kendala yang dialami para pembudidaya ikan harus segera dicarikan jalan keluar, termasuk masalah permodalan.

"Bantuan pinjaman modal bisa melalui Badan Layanan Umum (BLU). Kita punya tim BLU, di tiap wilayah ada pendamping, ini terus kita perkuat, kita harus jemput bola," ucap Edhy.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lamongan, Fadeli, mengakui bahwa produksi ikan kerapu budidaya memang tergolong rendah, sehingga kehadiran Menteri KKP diharapkan mampu memotivasi para pembudidaya.

"Di Kabupaten Lamongan masih 959 ton per tahun, masih kecil. Jadi khusus budidaya ikan kerapu ini memang perlu terus dikembangkan," kata Fadeli di Hadapan Menteri KKP, Edhy Prabowo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES