Peristiwa Internasional

Sultan Corona, Pengusaha Tajir Asal India Ini Pakai Masker Emas Seharga Rp58 Juta

Rabu, 08 Juli 2020 - 14:36 | 135.28k
Shankar Kurhade, 48 tahun, mengenakan masker yang terbuat dari emas untuk melindungi diri dari penyebaran penyakit virus corona (Covid-19) di Pune, India, 4 Juli 2020. Kurhade mengklaim masker itu memiliki berat 50 gram dan biaya sekitar US$ 3870. (FOTO:
Shankar Kurhade, 48 tahun, mengenakan masker yang terbuat dari emas untuk melindungi diri dari penyebaran penyakit virus corona (Covid-19) di Pune, India, 4 Juli 2020. Kurhade mengklaim masker itu memiliki berat 50 gram dan biaya sekitar US$ 3870. (FOTO:

TIMESINDONESIA, JAKARTAShankar Kurhade, seorang pengusaha asal kota Pune Barat di India layak dijuluki Sultan Corona. Dia mencuri perhatian publik ketika dia mengenakan masker berlapis emas.

Dilansir dari South China Morning Post, Rabu (8/7/2020), sultan asal kota Pune Barat itu membayar sekitar 4.000 dolar AS atau setara Rp 58 juta untuk masker emasnya itu. Masker ini, ia pesan terlebih dahulu untuk menangkal virus corona.

Harga masker semahal itu wajar, lantaran dilapisi emas seberat 60 gram dan pengrajin membutuhkan waktu selama delapan hari untuk membuatnya. "Benda ini adalah masker tipis dan mempunyai pori-pori kecil yang bisa membantu saya bernapas," ungkap dia.

"Saya tidak yakin apakah itu akan efektif untuk melindungi saya dari infeksi virus corona, tetapi saya hanya mengambil tindakan pencegahan lain," tambah Shankar Kurhade.

Namun Shankar Kurhade mengakui, dirinya memang senang menghiasi dirinya dengan perhiasan emas seberat satu kilogram, termasuk gelang, kalung, dan cincin di setiap jari tangan kanannya.

Pemerintah India sendiri sudah membuat aturan wajib mengenakan masker wajah saat berada tempat-tempat umum, sebagai upaya mengendalikan dan menekan penyebaran Covid-19 di negara itu.

India kini menduduki urutan ke-3 atas kasus terjangkit Covid-19 di dunia, dengan 697.836 kasus positif, 19.700 kasus kematian, dan 424.891 pasien berhasil sembuh, menurut data Worldometers.

Namun belakangan, mengenakan masker wajah seakan bukan hanya untuk menjaga kesehatan semata, tetapi juga sebagai perhiasan dan pernyataan mode (fashion statement) seseorang, seperti yang dilakukan Shankar Kurhade dengan masker emasnya.

Pengusaha yang kini berusia 49 tahun itu mendapatkan ide masker emas setelah melihat laporan media tentang seorang pria mengenakan masker wajah yang terbuat dari perak.

"Orang-orang sering meminta saya untuk berfoto," katanya.

Menurut sang Sultan Corona ini, mereka terpesona saat melihat dia mengenakan masker berlapis emas seharga 58 juta itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES