Peristiwa Internasional

Presiden Brazil Bolsonaro Positif Terpapar Covid-19

Rabu, 08 Juli 2020 - 14:30 | 50.02k
Presiden Brazil, Jair Bolsonaro saat mengumumkan dirinya terpapar Covid-19. (Foto: Bloomberg - Andre Borges)
Presiden Brazil, Jair Bolsonaro saat mengumumkan dirinya terpapar Covid-19. (Foto: Bloomberg - Andre Borges)

TIMESINDONESIA, DIATAS – Jair Bolsonaro, Presiden Brazil dinyatakan positif terpapar coronavirus (Covid-19). Berita ini diumumkan oleh Bolsonaro sendiri pada Selasa (7/7/2020) waktu Brazil. Bolsonaro diduga terpapar setelah beberapa bulan bersinggungan dan ikut terjun langsung manangani pandemi yang sudah menewaskan lebih dari 66.000 orang warganya.

Dalam video pengumumannya, Bolsonaro yang berusia 65 tahun ini, sambil menggunakan masker dengan santai menemui wartawan dan diwawancarai dengan jarak beberapa inci saja.

“Jika bukan karena di tes (swab-test) aku tidak akan mengetahui hasilnya (bahwa dia terpapar Covid-19). Dan hasilnya menunjukkan positif,” ujar Bolsonaro dilansir dari The Reuters.

Bolsonaro juga mengungkap bahwa dirinya mengonsumsi hydroxychloroquine untuk perawatannya. Seperti diketahui, hydroxychloroquine merupakan obat penyakit malaria yang beberapa saat lalu sempat dipuji-puji Presiden AS Donald Trump sebagia obat yang ampuh mengatasi Covid-19.

Sebelumnya, Bolsonaro dikenal sebagai presiden yang menganggap enteng virus corona dan sering muncul di muka umum tanpa menggunakan masker. Dia bahkan mendukung aksi untuk tidak menggunakan masker di ruang tertutup seperti gereja, pabrik, sekolah dan atau tempat hiburan.

Bahkan aksi dukungannya ini membuat peraturan untuk menolak orang-orang yang masuk tanpa menggunakan masker ke dalam tempat -tempat umum tersebut dihapus.

Pada akhir wawancaranya, Presiden Brazil Jair Bolsonaro bersikukuh bahwa warga tidak usah terlalu khawatir jika terpapar Covid-19. Bolsonaro  mundur beberapa langkah, kemudian membuka maskernya sambal tersenyum dan berkata, “Kalian bisa lihat dari wajahku kan, aku tetap tenang dan baik-baik saja,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES