Peristiwa Daerah

KKP RI Siap Perbaiki Fasilitas TPI Gebang Kabupaten Cirebon

Selasa, 07 Juli 2020 - 18:45 | 21.00k
Kunjungan Menteri Kelautan, Edhy Prabowo di TPI Gebang Kabupaten Cirebon (Devteo MP / TIMES Indonesia)
Kunjungan Menteri Kelautan, Edhy Prabowo di TPI Gebang Kabupaten Cirebon (Devteo MP / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo menjelaskan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP RI) berkomitmen akan memperbaiki fasilitas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Gebang Mekar Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut disampaikan Edhy setelah melakukan kunjungan kerja di wilayah tersebut, Selasa (7/7/2020). Menurutnya, area TPI Gebang ini memiliki potensi yang cukup bagus. Selain areanya yang cukup luas, TPI ini juga berada di daerah yang dihuni oleh banyak nelayan.

Edhy-Prabowo-2.jpg

Edhy menyebut kapal yang ada di desa Gebang Mekar cukup banyak, sehingga potensi besar ini harus bisa dimaksimalkan. "Lahannya sudah ada, pelaku usahanya ada, kapalnya juga banyak. Jadi, saya berkomitmen untuk tindak lanjuti. Akan kita hidupkan," ujar Edhy.

Dari hasil pantauannya, ada beberapa hal yang harus segara dibenahi untuk menunjang fasilitas TPI Gebang ini. Di antaranya akses jalan masuk dan juga fasilitas cold storage. Karena menurutnya, walaupun sudah didirikan cukup lama, namun beberapa fasilitas masih perlu perbaikan.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, jalan masuk sebenarnya akan dibangun dan diperbaiki dengan menggunakan anggaran dari Provinsi Jawa Barat. Namun karena adanya pemotongan anggaran, membuat rencana ini menjadi tertunda.

"Nanti akan kita lihat, apakah bisa kita intervensi dari pusat dengan kemampuan yang kita miliki," kata Edhy.

Edhy-Prabowo-3.jpg

Edhy juga merespon harapan dari Bupati Cirebon, terkait banyaknya muara sungai di Kabupaten Cirebon yang mengalami pendangkalan. Hal tersebut membuat para nelayan kesulitan, untuk membawa hasil tangkapannya dari laut. Menurut Edhy, pihaknya saat ini sedang mendata seluruh wilayah yang mengalami pendangkalan, untuk segera dilakukan perbaikan.

"Ini masalah klasik, nanti kami akan sharing dengan kementrian lainnya, untuk bisa segera melakukan perbaikan," ujar Edhy.

Untuk memaksimalkan peran TPI Gebang bagi para nelayan, Edhy juga berencana untuk menambah cold storage. Karena menurutnya, cold storage memiliki peranan penting, untuk menjaga kualitas hasil tangkapan nelayan. Kurangnya fasilitas ini juga dirasakan nelayan di Karangsong Indramayu.

Adanya penambahan cold storage ini, diharapkan nantinya, bisa memberikan nilai tambah keberadaan TPI bagi para nelayan. Karena menurut Edhy, untuk menjaga harga ikan, maka sistemnya harus dibangun dengan baik. Terutama saat pendaratan ikan di TPI.

"Nanti cold storage di sini akan ditambah. Saya yakin, TPI ini nantinya bisa jadi pusat pertumbuhan ekonomi baru." kata Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo dalam kunjungan KKP RI di TPI Gebang Kabupaten Cirebon. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES