Ekonomi

Perbaiki Iklim Investasi, Pelindo 3 Wujudkan Efisiensi Biaya Logistik

Selasa, 07 Juli 2020 - 18:43 | 33.47k
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan (Foto: dok Pelindo 3)
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan (Foto: dok Pelindo 3)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Dalam rangka memperbaiki iklim investasi, dan meningkatkan daya saing ekonomi nasional, Pelindo 3 melakukan penataan ekosistem logistik nasional dalam rangka efisiensi biaya logistik.

Pelindo 3 bekerja sama dengan Direktorat Jendral Bea Cukai Kementerian Keuangan dan juga Direktorat Jendral Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan sepakat bersinergi.

Disampaikan bahwa salah satu upaya penataan ekosistem logistik nasional di antaranya adalah dengan penerapan Single Submission dan Join Inspection yang saat ini diterapkan di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS).

Dan selanjutnya dalam waktu yang tidak lama, sistem itu akan segera diterapkan juga di Terminal Teluk Lamong (TTL) dan Terminal Petikemas Surabaya (TPS) di Tanjung Perak Surabaya.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 3, Putut Sri Muljanto, Selasa (7/7/2020) menyampaikan jika pihaknya telah berhasil menerapkan joint inspection di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) telah berhasil menekan biaya logistik di pelabuhan sebanyak 38 persen.

Dan apabila status petikemas flag joint inspection di SSm sudah terbit sebelum bongkar di pelabuhan maka efisiensi biaya logistik di pelabuhan mencapai 49 persen.

Kemungkinan efisiensi tersebut sudah dikalkulasi secara cermat dan jika ini sudah bisa dilakukan di sebagian besar pelabuhan, khususnya Pelindo 3, efisiensinya akan cukup besar.

"Tterlebih kami sudah menerapkan teknologi single platform dalam hal pelayanan logistik ini, jadi kami sangat siap jika akan diterapkan secara menyeluruh di lingkungan Pelindo 3," ujar Putut kepada TIMES Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES