Peristiwa Daerah New Normal Life 2020

Jam Besuk Warga Binaan di Lapas Bondowoso Diganti Video Call

Selasa, 07 Juli 2020 - 18:37 | 62.03k
Tampak sejumlah warga binaan di Lapas Kelas II B Bondowoso saat melakukan Video Call dengan keluarga. Kebijakan ini diambil karena Pandemi Covid-19 (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Tampak sejumlah warga binaan di Lapas Kelas II B Bondowoso saat melakukan Video Call dengan keluarga. Kebijakan ini diambil karena Pandemi Covid-19 (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
FOKUS

New Normal Life 2020

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Di tengah pandemi Covid-19, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Bondowoso (Lapas Bondowoso) meniadakan jam besuk warga binaan. Namun, agar mereka tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga, Lapas menyediakan layanan video call.

Adapun peniadaan layanan jama besuk itu, diberlakukan sejak Maret 2020 lalu. Hal ini sebagai upaya pencegahan penularan virus Corona (Covid-19) di Lapas. 

Kepala Lapas Bondowoso, Hari Winarca mengatakan, pemberlakuan tersebut didasarkan petunjuk dan arahan dari Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI dan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur.

"Meskipun keluarga tidak bisa mengunjungi warga binaan, kita sudah siapkan empat alat komputer agar bisa video call dengan pihak keluarga," katanya, Selasa (7/7/2020). 

Menurutnya, setiap warga binaan yang memanfaatkan fasilitas video call ini dibatasi durasinya. Yakni hanya diberi waktu sekitar 10 menit. 

"Kita prioritaskan warga binaan dari luar kota dulu, baru di dalam kota. Jadi setiap harinya bisa bergantian untuk video call dengan pihak keluarga," paparnya.

Di awal penutupan kunjungan kata dia, Lapas Bondowoso tidak menerima titipan. Baik itu makanan, pakaian dan lain sebagainya. Namun di era new normal, pihaknya memperbolehkan penitipan barang dari keluarga kepada warga binaan. "Tapi kita tetap mengikuti peraturan dari Dirjen Pas dan mengikuti protokol kesehatan," tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES