Pendidikan

Jelang Pembelajaran Daring, Ini Langkah yang Disiapkan SMP MUTU Cilacap

Selasa, 07 Juli 2020 - 15:50 | 151.56k
Gedung SMP MUTU Cilacap yang beralamat di jl. Letjend Suprapto Cilacap. (Foto: Hermawan Septianto/TIMES Indonesia)
Gedung SMP MUTU Cilacap yang beralamat di jl. Letjend Suprapto Cilacap. (Foto: Hermawan Septianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Tahun Ajaran Baru di SMP Muhammadiyah Satu Cilacap (SMP MUTU Cilacap) rencananya akan dimulai pada Senin 13 Juli 2020. Ini disampaikan Wartono, SPd, MPd selaku Kepala SMP MUTU Kabupaten Cilacap, Selasa (7/7/2020).

Menurutnya, ada empat langkah dalam persiapan pembelajaran daring tersebut, yakni mukhadimah atau pembukaan, kenapa harus belajar daring, apa yang harus disiapkan, dan terakhir teknis pembelajaran daring tersebut.

Pendidikan bagi anak bangsa, lanjut Wartono, merupakan amanah dari UUD 1945, yang harus dilaksanakan oleh komponen bangsa, bagaimanapun kondisinya, pendidikan harus tetap berjalan, demi terwujudnya keberlangsungan generasi masa depan, tanpa terkecuali.

"Dalam kondisi saat ini di Indonesia dan bahkan dunia, dengan adanya pandemi covid-19, pendidikan harus berjalan, meski dengan cara yang sebelumnya belum pernah kita temui," ucapnya.

Pembelajaran yang merupakan transfer ilmu serta pembentukan akhlak dan pola pikir peserta didik yang sebelumnya dilaksanakan di sekolah setiap harinya, sekarang harus dilaksanakan di rumah.

"Hal ini merupakan tantangan bagi orang tua dan sekolah, dan harus dilaksanakan, karena tidak bisa dilakukan oleh pihak sekolah sendiri, namun, peranan wali didik atau orang tua sangat besar," terang Wartono.

Kenapa harus belajar daring? Karena sesuai dengan arahan pemerintah, bahwa untuk daerah berzona merah, kuning atau oranye, tidak boleh melakukan pembelajaran secara luring atau langsung (luar jaringan).

Artinya hanya yang berzona hijau yang boleh melaksanakan belajar secara tatap muka langsung, dan ini sesuai denga SE Mendikbud No.4 tahun 2020.

"Jaringan internet, atau kuota, laptop, ebook, serta hp android, adalah hal yang harus disiapkan peserta didik dalam pembelajaran daring, dan perlu adanya sinergitas orang tua dan siswa dalam mempersiapkannya," terangnya.

Sedangkan untuk satuan pendidikan atau sekolah, lanjutnya, hal yang dipersiapkan di antaranya buku panduan LKS untuk siswa belajar di rumah, menyiapkan tenaga pendidik untuk mengajar secara online.

Juga evaluasi pembelajaran dan mengembangkan proses pembelajaran, keberlangsungan program belajar online selalu diawasi dan adanya pelatihan bagi semua pendidik untuk belajar secara daring.

Teknis pembelajaran daring itu sendiri, adalah siswa dan guru siap dengan aplikasi Zoom, Quizziz atau GoSiswa, setiap hari siswa melaksanakan daring dengan jadwal menyusul dan memakai seragam sekolah sesuai hari, baik pendidik maupun siswa.

"Meski pandemi covid-19, kita harus tetap menjaga dan mengembangkan generasi penerus dengan pendidikan karena ini adalah pondasinya," tegas Wartono.

Sebagai pendidik. SMP MUTU Cilacap mencoba beri pelayanan kepada peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran daring dengan pemanfaatan IT. "Dan semoga anak-anak kita menjadi anak-anak yang kuat iman, imun, jasmani dan rohaninya," pungkas Wartono, SPd, MPd selaku Kepala SMP MUTU Kabupaten Cilacap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Cilacap

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES