Indonesia Positif

Rektor UWG Malang Hadir dalam pertemuan Tahunan Pimpinan PT se Indonesia

Selasa, 07 Juli 2020 - 11:58 | 48.20k
Rektor UWG, Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST.,MT., diruang meeting saat mengikuti pidato Presiden Jokowi via daringB: Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada seluruh rektor perguruan tinggi se Indonesia secara daring. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Rektor UWG, Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST.,MT., diruang meeting saat mengikuti pidato Presiden Jokowi via daringB: Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada seluruh rektor perguruan tinggi se Indonesia secara daring. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Widyagama Malang menjadi salah satu peserta dalam pertemuan tahunan pimpinan perguruan tinggi se Indonesia, Kamis (2/7//2020). Acara tersebut dihadiri oleh Rektor UWG Malang Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST, MT diantara 1.200 peserta.

Di tengah kesibukannya memimpin lembaga pendidikan tinggi dibawah naungan YPPI Widyagama Malang ini, rektor yang juga Dosen di Program Studi Teknik Sipil ini menyimak dengan seksama seluruh materi yang disampaikan oleh lebih dari lima orang narasumber ini.

Webinar dengan tema “Optimalisasi Gerakan Merdeka Belajar untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 demi Terwujudnya SDM Unggul dan Indonesia Maju” ini menghadirkan banyak narasumber kompeten diantaranya Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, SPd, MAP, Menko Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, SH, SU, MIP dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, BA, MBA.

Dari sekian banyak pemateri, materi menarik yang patut dicatat adalah paparan Nadiem Makarim yang menangkap ajakan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo kepada Forum Rektor Indonesia agar perguruan tinggi lebih aktif menjalin kerjasama dengan dunia dan kawasan industri.

jokowi.jpg

“Pada era Kampus Merdeka – Merdeka Belajar, perguruan tinggi harus melakukan perkawinan dengan dunia industri agar mahasiswa bisa belajar kepada siapa saja, di dalam kampus dan di luar kampus, secara teori maupun praktek, agar memiliki kemampuan menangkap perubahan yang sangat dinamis di era yang tingkat kompetisinya luar biasa ini. Kolaborasi antara dunia pendidikan dan dunia industri ini harus memiliki pengakuan secara formal. Inilah salah satu cara untuk dapat mencetak profil pelajar Pancasila sebagai salah satu obyek bidang pendidikan,” jelas Nadiem.

Pejabat Negara yang akrab dipanggil Mas Menteri ini juga menyampaikan enam karakter profil pelajar Pancasila yang diharapkan menjadi SDM Unggul untuk mewujudkan Indonesia Maju yaitu beriman, bertaqwa, berakhlak mulia; berkebhinnekaan global, toleransi, berkebangsaan nasional;  berkemandirian yang proaktif dan mampu belajar secara independen; menjunjung tinggi gotong royong sebagai kompetensi terpenting dalam komunikasi; bernalar kritis menyerap informasi, aktif bertanya dan mampu menyimpulkan fakta dengan logika; serta memiliki kreatifitas tinggi untuk berinovasi dengan menangkap peluang untuk berkarya.

Moderator acara Prof. Dr. Dwia Aries Tina Palubuhu, MA, Dewan Pertimbangan FRI 2019, yang juga Rektor Universitas Hasanudin Makassar mampu menghantarkan diskusi dengan sangat baik. Setelah semua narasumber menyampaikan paparannya, satu pertanyaan menarik dari kolom chat baik di media Zoom atau YouTube diangkat oleh Dwia yang ditujukan kepada Mas Menteri terkait dengan pelaporan kinerja yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi melalui beberapa sistem informasi. Diantaranya Simanis, Simkatmawa, Sapto dan lain-lain yang terkesan saling tumpeng tindih dan harus dilaporkan secara berulang. Menjawab pertanyaan ini Mas Menteri berjanji akan segera mengintegrasikan seluruh sistem pelaporan sebagai sebuah sistem yang terpadu.

Rangkaian acara Konferensi Forum Rektor Indonesia Tahun 2020 diakhiri dengan Penetapan Ketua FRI 2020 terpilih Rektor IPB University Prof. Dr. Arif Satria, SP, MSi dan Ketua FRI Elected 2021 yaitu Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, MEng, DEng, IPU, ASE, ANEng. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES