Peristiwa Daerah New Normal Life 2020

New Normal, Lapas Pagaralam Sudah Terima Lagi Pelimpahan Tahanan Baru

Selasa, 07 Juli 2020 - 15:28 | 22.05k
Kepala Lapas Klas III Pagaralam  Jalaludin SH (FOTO: Asnadi/ TIMES Indonesia)
Kepala Lapas Klas III Pagaralam Jalaludin SH (FOTO: Asnadi/ TIMES Indonesia)
FOKUS

New Normal Life 2020

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Sejalan penerapan new normal, pihak Lapas Klas III Kota Pagaralam (Lapas Pagaralam) sudah mulai menerima pelimpahan tahanan baru.

“Sebelumnya, sejak dilanda Covid-19, kita sempat tak menerima titipan tahanan (baik itu dari jaksa atau aparat kepolisian),” ujar Jalaludin SH, Kepala Lapas Klas III Pagaralam, selasa (7/7)

Diakui Jalaludin, pihaknya tak menerima tahanan yang menunggu proses persidangan lantaran mengantisipasi penularan Covid-19 di lingkup Lapas.

“Sekarang kita sudah menerima titipan tahanan. Dengan ketentuan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatannya, salahsatunya dengan pengujian rapid test. Jika aman melalui pemeriksaan dokter, tahanan bisa kita terima di Lapas,” terangnya.

Sebagai salahsatu contoh, adalah pelimpahan tersangka kasus Pagaralam Makam yang menyeret mantan pejabat Esellon II dan salahsatu ASN di lingkup Pemkot Pagaralam. Sebelum dilimpahkan ke Lapas Pagaralam, terlebih dahulu dilakukan rapid test yang melibatkan Dinkes dan Labkesda Kota Pagaralam

Sekadar informasi, sudah sekitar dua minggu lalu, di lingkungan Lapas Pagaralam sudah mulai diterapkan new normal. Sekitar 15 tahanan baru sudah diterima dalam kurun waktu dua pekan lalu. Sementara jalannya sidang tetap dilakukan secara virtual (online). “Sidang tetap virtual, belum dilakukan di Pengadilan Negeri, karena belum ada petunjuk dari Kemenkum HAM kendati kita sudah menerima tahanan baru,” katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES