Peristiwa Nasional

Seorang Pendaki yang Meninggal di Gunung Lawu Sudah Dievakuasi

Selasa, 07 Juli 2020 - 11:33 | 126.34k
Gunung Lawu tampak dari Magetan, Jawa Timur, Selasa (7/7/2020). (FOTO: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)
Gunung Lawu tampak dari Magetan, Jawa Timur, Selasa (7/7/2020). (FOTO: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Seorang pendaki atas nama Andi Sulistyawan (18) warga Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang meninggal dunia di Gunung Lawu sudah berhasil dievakuasi, Senin (7/7/2020) malam. Proses evakuasi itu melibatkan tim SAR gabungan dari Kabupaten Magetan, Jawa Timur dan wilayah Jawa Tengah.

Jazad pendaki tersebut dievakuasi melalui Pos Cemoro Kandang, Karanganyar. Ini karena korban ditemukan di kawasan Jawa Tengah, tepatnya area tebing jurang Geger Boyo.

"Saat ditemukan posisinya terperosok di tebing jurang Geger Boyo. Identitas korban dikenali melalui pakaian dan celana yang dikenakan," jelas Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Lawu Selatan, Marwoto.

Berdasarkan informasi, korban melakukan pendakian pada Sabtu (4/7/2020) pukul 16.00 WIB dan tiba di puncak Gunung Lawu sekitar pukul  22.00 WIB. Rombongan pendaki asal Kabupaten Karanganyar berjumlah enam orang, satu di antaranya seorang perempuan.

Setibanya di puncak, rombongan tersebut mendirikan dua buah tenda untuk bermalam dan beristirahat. Selanjutnya, sekira pukul 03.00 WIB, pendaki perempuan membangunkan teman-temannya untuk mengantarkan buang air kecil.

Namun setelah mengantar ke semak-semak, korban sudah tidak lagi terlihat. Kemudian, rekan-rekan korban melakukan pencairan di kawasan Hargo Dalem, Pasar Dieng, hingga Hargo Tiling. Sayangnya, upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Setelah itu, ketua rombongan melaporkan hal itu kepada petugas.

Anggota relawan KPH Lawu Selatan bergegas melakukan penyisiran dan korban berhasil ditemukan pada Senin pukul 11.00 WIB.

Sebelumnya, seorang pendaki Gunung Lawu dikabarkan meninggal dunia. Informasi tentang insiden tersebut diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Magetan pada Senin (6/7/2020) siang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Magetan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES