Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Hadiri Pemakaman Mertua, Warga Kota Madiun Positif Covid-19

Senin, 06 Juli 2020 - 17:40 | 33.58k
Pasien positif Covid-19 di Kota Madiun bertambah 1 orang pada 6 Juli 2020. (Grafis: Diskominfo Kota Madiun/TIMES Indonesia)
Pasien positif Covid-19 di Kota Madiun bertambah 1 orang pada 6 Juli 2020. (Grafis: Diskominfo Kota Madiun/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, MADIUN – Bermula dari menghadiri acara pemakaman, seorang warga Kelurahan/Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur terkonfirmasi positif Covid-19. Perempuan usia 39 tahun itu terdata menjadi pasien ke-16.

Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Madiun Noor Aflah mengungkapkan, ibu dua anak tersebut menghadiri pemakaman ayah mertua di Mantingan, Ngawi pada 3 Juni 2020. Saat itu berkumpul keluarga dari berbagai kota.

covid-b.jpg

"Pada 30 Juli ada salah satu keluarga yang terkonfirmasi positif kemudian dilakukan tracing. Warga Kelurahan Manguharjo beserta suami dan dua anak ikut menjalani tes swab," jelas Aflah.

Hasil tes swab, dua anak yang bersangkutan negatif. Sedangkan hasil tes swab suami belum diketahui. Pasien positif Covid-19 tersebut akan menjalani isolasi di rumah sakit rujukan.

"Diupayakan hari ini dievakuasi untuk menjalani isolasi di RSUD dr Soedono," kata Aflah.

covid-c.jpg

Atas temuan kasus baru tersebut, tim gugus tugas sudah melakukan tindakan lanjutan. Yakni penyemprotan disinfektan di rumah yang bersangkutan dan tracing terhadap kontak erat untuk deteksi dini penularan.

"Tracing dilakukan dengan kontak erat pasien positif dulu. Setelah ini akan  dilacak yang bersangkutan kemana saja selama jeda waktu tersebut ," kata Aflah.

Potensi penularan Covid-19 terhadap kontak erat terutama keluarga inti perlu diwaspadai. Sebelumnya, tim gugus tugas Covid-19 Kota Madiun juga mendata istri dan 2 anak dari pasien ke 8 warga Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Taman menyusul terkonfirmasi positif setelah sang ayah.

Selain itu anak dari pasien ke 10 dan 11 dari Kelurahan Kelun, Kecamatan Kartoharjo  juga terkonfirmasi positif menyusul ayah dan ibunya. Hingga 6 Juli 2020, pasien positif Covid-19 di Kota Madiun total ada 16 orang. Dari jumlah tersebut, 7 pasien sudah dinyatakan sembuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yupi Apridayani
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES