Indonesia Positif

TMMD Reg 108 Kodim Sragen Perbaiki Rumah Nenek Kasinah

Senin, 06 Juli 2020 - 15:45 | 35.60k
Anggota TNI Satgas TMMD Reg 108 Kodim Sragen memperbaiki rumah Nenek Kasinah.  (FOTO: Mukhtarul H/TIMES Indonesia)
Anggota TNI Satgas TMMD Reg 108 Kodim Sragen memperbaiki rumah Nenek Kasinah. (FOTO: Mukhtarul H/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SRAGEN – Rumah yang dihuni Kasinah, 81, warga Desa Baleharjo nyaris roboh karena sudah reyot. Beruntung rumah janda sebatang kara tersebut terpantau program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 108.

Nenek Kasinah merupakan salah satu penerima bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) yang menjadi program sasaran TMMD 108 Tahun 2020 Kodim 0725/Sragen. Rumah tersebut saat disurvei memang dalam kondisi memperihatinkan. Hanya beralaskan tanah dan berbilik bambu reyot. Lantas diputuskan menjadi salah satu target sasaran perbaikan.

Perbaiki-Rumah2.jpg

Rumah milik Nenek Kasinah saat ini sudah selesai direhab dari 8 unit rumah yang menjadi sasaran perbaikan pada Minggu (5/7/2020). Perbaikan rumah Kasinah, warga RT 01 ini dikerjakan secara gotong royong antara Satgas TMMD dengan warga desa setempat.

Nenek Kasinah mengakui, banyak bagian rumahnya yang sudah rapuh. Dan dirinya belum mampu melakukan perbaikan karena alasan ekonomi. Saat adanya program TMMD, dirinya menjadi salah satu penerima bantuan perbaikan RTLH.

”Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah memberikan bantuan rehab terhadap rumah saya melalui program TMMD. Sudah lama reyot dan rusak, tapi tidak mampu buat memperbaiki sendiri,” ujar Nenek Kasinah. 

Perbaiki-Rumah3.jpg

Sementara, Pasi Log Kodim 0725/Sragen Kapten Arm Budiyanto selaku Koordinator TMMD 108 Sragen menjelaskan, selain rumah Nenek Kasinah, perbaikan rumah ada 7 warga lainnya di Desa Baleharjo, Kecamatan Sukodono. Rumah yang sudah terdata akan mendapat kesempatan untuk direhab dalam program TMMD 108 kali ini.

”Pengerjaan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) udah menyelesaikan 1 unit rumah. Dan menyisakan 7 unit rumah yang akan direhab. Rencananya sebelum tanggal 29 Juli atau saat penutupan diharapkan sudah selesai semua,” papar Budiyanto.

Pihaknya menyebutkan pelaksanaan sejauh ini berjalan lancar. Warga dengan senang hati gotong royong untuk pembangunan fisik desa seperti perbaikan jalan. Selain juga membantu perbaikan RTLH warga kurang mampu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-14 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES