Tekno

Raup Rp 43 Trilliun Sejak Dirilis, PUBG Mobile Rajai Game Multiplayer Battle Royal

Senin, 06 Juli 2020 - 14:25 | 73.41k
Game PUBG Mobile (FOTO: PUBG Mobile)
Game PUBG Mobile (FOTO: PUBG Mobile)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Popularitas PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile yang terus mengglobal membuat Tencent Game berhasil meraup pendapatan mencapai USD 3 Miliar atau sekitar Rp 43 trilliun, sejak berdiri pada 2018. 

Menurut informasi dari NDTV, jumlah tersebut merupakan pendapatan gabungan PUBG mobile dan varian Chinanya yang bernama Game for Peace. Tahun 2020 ini, saja kedua game ini sudah meraup USD 1,3 miliar (Rp 18,8 triliun).

Data ini merupakan perkiraan dari analis Sensor Tower. Kenaikan tinggi pada tahun ini juga dipengaruhi oleh pandemi Covid-19, yang memaksa banyak orang untuk tetap tinggal di rumah. Data Sensor Tower juga menyebutkan pendapatan PUBG Mobile mencetak rekor baru sebesar USD 270 juta (Rp 3,9 triliun) pada Maret 2020.

Pencapaian ini menjadikan PUBG Mobile sebagai penguasa game multiplayer battle royale. Pendapatan mereka hampir empat kali lebih besar dari Free Fire yang berada di posisi kedua dengan pendapatan mencapai USD 300 juta pada tahun 2020.

Sementara itu Knives Out dari NetEase memperoleh USD 260 juta, dan Call of Duty: Mobile dan Activision meraup pendapatan USD 220 juta. Populer di banyak negara dengan total download mencapai 734 juta, PUBG Mobile memiliki pemain terbanyak di India, yang berada di posisi puncak dengan 175 juta download. Angka ini mencakup 24 persen dari angka global.

Sementara itu, China berada di posisi kedua dengan 16,7 persen dan Amerika Serikat di posisi ketiga dengan 6,4 persen dari total download. Posisi kedua, pemain Game for Peace di China merupakan penyumbang terbesar setelah mengumpulkan USD 1,6 miliar sejak peluncuran di App Store China, atau sekitar 52 persen dari pendapatan global. AS berada di posisi kedua dengan 14 persen dan Jepang berada di posisi ketiga dengan 5,6 persen.

Pemain yang mengunduh lewat App Store juga terbilang lebih royal, setelah menyumbang 79 persen dari total pendapatan. Sementara itu Google Play Store menyumbangkan jumlah download terbanyak yaitu 65 persen dari total instal. 

PUBG Mobile tentu tetap menambahkan fitur dan item baru untuk memuaskan pemainnya. Tidak lama lagi pemain game ini akan mendapatkan map bernama Livik yang akan menawarkan gameplay yang lebih singkat untuk mereka yang tidak punya waktu untuk main game.

Selain itu, PUBG Mobile pun mengadakan acara PUBG Mobile Global Ultimate Team Selection yang digelar sejak 23 Juni 2020 hingga 7 Juli 2020. Lewat ajang ini, tim PUBG Mobile ingin memberikan kesempatan kepada para influencer dari berbagai negara untuk beradu popularitas menjadi influencer esports terfavorit, sebagaimana dikutip dari keterangan resminya, Rabu (1/7/2020).(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES