Pendidikan

19.859 Peserta Ikuti UTBK 2020 di Universitas Brawijaya Malang

Senin, 06 Juli 2020 - 12:40 | 127.28k
Ilustrasi. Peserta mengikuti UTBK 2020. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi. Peserta mengikuti UTBK 2020. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ujian Tulis Berbasis Komputer tahun 2020 (UTBK 2020) tahap pertama resmi dimulai pada Minggu, 5 Juli 2020. Sebanyak 19.859 peserta mengikuti ujian yang akan berlangsung hingga 14 Juli 2020 di Universitas Brawijaya Malang (UB Malang). 

Ketua Pusat UTBK UB, Prof.Dr. Aulanni’am mengatakan, ujian tersebut terbagi dalam dua sesi, yakni pukul 09.00 hingga 11.15 dan pukul 14.00 hingga 16.15, dengan penerapan protokol kesehatan cukup ketat. Panitia UTBK UB pun menyiapkan sebanyak 1.090 komputer yang digunakan, sudah dibagi ke 17 titik lokasi dan 56 laboratorium.

"Dalam upaya pencegahan Covid-19, panitia UTBK mengatur jarak aman antar peserta ujian, yakni satu meter. Sehingga, dalam satu laboratorium seharusnya berjumlah 20 orang, menjadi 10 orang saja. Jumlah pengawas sebanyak 900 orang yang berjaga secara bergantian,” kata Aulanni.

Aulanni juga menyampaikan bahwa sebelum ujian dimulai ruangan dan fasilitas akan disterilkan terlebih dahulu. Para petugas dan pengawas UTBK juga telah melakukan rapid test. Kemudian, untuk para peserta yang akan memasuki ruangan, wajib mengecek suhu tubuh.

“Selain itu, peserta ujian juga wajib menggunakan masker dan sarung tangan dan jaga jarak. Setelah selesai ujian, diharapkan untuk kembali ke rumah atau kotanya masing-masing,” papar dia.

Dia menambahkan, panitia UTBK UB juga sudah menyiapkan titik-titik pengantaran maupun penjemputan. Pintu masuknya hanya satu, yakni di Jalan Veteran. Sementara, jalan keluar hanya di Jalan Mayjen Panjaitan Kota Malang.

“Titik penjemputan dan pengantaran ada lima (drop zone), yakni di depan FPIK, FH, Vokasi-Inbis, FEB dan FILKOM,” sambungnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji juga menyampaikan kesiapan Universitas Brawijaya Malang dalam melaksanakan protokol kesehatan selama UTBK 2020 sudah cukup baik. Menurutnya, kesiapan ini bisa disempurnakan dengan menyediakan bilik sterilisasi yang dekat dengan lokasi ujian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES