Peristiwa Daerah

Tolak RUU HIP, Forum Cirebon Bersatu Gelar Aksi di DPRD

Senin, 06 Juli 2020 - 12:56 | 79.61k
Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati, saat memandu peserta aksi membacakan pernyataan sikap. (FOTO: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati, saat memandu peserta aksi membacakan pernyataan sikap. (FOTO: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Ribuan masyarakat di Kota Cirebon, Jawa Barat yang tergabung dalam Forum Cirebon Bersatu melakukan aksi unjuk rasa penolakan terhadap Rancanag Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila atau RUU HIP, di depan Gedung DPRD Kota Cirebon, Senin (6/7/2020). Mereka terdiri dari sejumlah ormas, LSM, OKP, komunitas, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Mereka melakukan longmarch dari kawasan Kota Tua, tepatnya di depan Gedung BAT Kota Cirebon, sekitar pukul 09.00 WIB, menuju Gedung DPRD Kota Cirebon. Ruas Jalan Siliwangi pun ditutup dan terpaksa dialihkan. Aksi tersebut pun dijaga oleh kepolisian dengan sangat ketat.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut, mereka menolak RUU HIP yang tengah digodok oleh DPR RI di Jakarta, karena bertolak belakang dengan ideologi Pancasila.

Affiati-2.jpg

Perwakilan massa aksi, Almarwi, mengatakan, aksi ini didasari karena adanya RUU HIP berpotensi mengubah ideologi Pancasila, dan hal tersebut sudah diketahui oleh masyarakat. Padahal, Pancasila ini merupakan dasar negara di Indonesia dan tidak boleh diubah sama sekali.

"Kami sebagai bangsa Indonesia, beraksi untuk menghadang dan memberhentikan RUU HIP ini," tegasnya.

Saat ini, lanjutnya, pemerintah masih belum menolak RUU HIP yang diajukan oleh DPR RI. Karena itu, dirinya berharap agar melalui aksi ini, DPRD Kota Cirebon bisa menyalurkan aspirasi masyarakat di Kota Cirebon terkait penolakan ini, kepada DPR RI di Jakarta.

Sejumlah perwakilan dari aksi tersebut pun melakukan mediasi dengan DPRD Kota Cirebon. Kemudian, dilakukanlah pernyataan sikap dari hasil mediasi tersebut, yang dipandu oleh Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati.

Terdapat tiga pernyataan sikap yang dibacakan oleh Affiati, yang diikuti oleh peserta aksi. Yang pertama adalah pernyataan sumpah akan setia kepada NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 45. Kedua adalah pernyataan sumpah akan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa di NKRI demi masyarakat adil dan makmur. Dan ketiga adalah pernyataan sumpah akan menjaga NKRI dari paham komunisme liberisme, menimisme, dan sekulerisme.

Aksi unjuk rasa menolak RUU HIP tersebut berjalan kondusif, dan massa dari Forum Cirebon Bersatu pun langsung membubarkan diri secara tertib setelah pembacaan pernyataan sikap tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Cirebon

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES