Peristiwa Daerah

Gelar Apel, Majalengka Mantapkan Kesiapan Hadapi Karhutla Tahun 2020

Senin, 06 Juli 2020 - 12:15 | 30.15k
Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana (kiri) Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana (kiri) Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKAPemkab Majalengka, Jawa Barat, bersiap melakukan penanggulangan bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di sekitar Gunung Ciremai.

Untuk memantapkan kesiapan menghadapi karhutla, dilakukan apel sinergitas kesiapan pengamanan dalam rangka persiapan penanggulangan Karhutla tahun 2020 di wilayah Kabupaten Majalengka.

Kegiatan dipusatkan di halaman Mapolres Majalengka, Senin (6/7/2020). Bertindak sebagai pimpinan Apel, Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso, Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana dan Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Harry Subarkah.

Tarsono-D-Mardiana.jpg

Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso, didampingi Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Harry Subarkah menyampaikan, apel sinergitas kesiapan pengamanan ini, dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana alam Karhutla, tahun 2020.

Hal tersebut, sebagai bentuk kesiapan Kabupaten Majalengka, dalam menghadapi bahaya dan dampak dari kebakaran hutan dan lahan.

"Ini juga mengandung maksud dan tujuan melangkah bersama menyatukan tekad untuk saling bahu-membahu kesiapsiagaan peralatan dan sarana prasarana yang dimiliki dalam rangka menanggulangi bencana Karhutla di Majalengka," ungkap Kapolres Bismo yang juga diamini Dandim Harry.

Sementara itu, Wakil Bupati Majalengka, Tersono D Mardiana menambahkan, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan memerlukan pemikiran yang matang untuk dapat menentukan langkah tersebut, salah satunya adalah dengan menggelar apel sinergitas kesiapan pengamanan dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan  Karhutla.

"Ada beberapa titik yang sudah menjadi langganan Karhutla yang ada dibawah kaki Gunung Ciremai wilayah Kabupaten Majalengka. Diantaranya, di daerah wilayah Kecamatan Sindangwangi, Rajagaluh dan Argapura," katanya.

Wabup mengatakan, di tahun 2020 ini, semua pihak harus bersama-sama mencegah dan menangkal jangan sampai kembali terjadi kebakaran hutan dan lahan tersebut. Terutama di wilayah dibawah kaki Gunung Ciremai.

"Nanti, bersama Polres Majalengka, Kodim 0617 dan pemerintah daerah akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sekitar atau terhadap warga yang biasa masuk ke area rawan Karhutla. Intinya kita akan tangkal terlebih dahulu, jangan sampai ada titik api yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES